Tautan-tautan Akses

Ribuan Pegawai Pemerintah Yunani Unjuk Rasa di Athena


Ribuan pegawai pemerintah Yunani kembali turun ke jalan di Athena hari Rabu 18/9 (foto; dok).
Ribuan pegawai pemerintah Yunani kembali turun ke jalan di Athena hari Rabu 18/9 (foto; dok).

Pemogokan nasional dua hari oleh ribuan PNS Yunani untuk memrotes rencana pengurangan pegawai melumpuhkan hampir semua layanan publik.

Ribuan pegawai pemerintah Yunani turun ke jalan di Athena hari Rabu, sementara pemogokan nasional dua hari memrotes rencana pengurangan pegawai melumpuhkan hampir semua layanan publik.

Sekolah-sekolah, mahkamah, dan rumah-rumah sakit beroperasi dengan staf yang dikurangi. Layanan kereta api terhenti empat jam, dan para wartawan berpartisipasi dalam pemogokan tiga jam, membuat semua penyiaran terhenti.

Serikat buruh utama sektor swasta melakukan pemogokan empat jam pada tengah hari. Beberapa ribu demonstran turun ke jalan di Athena, sementara 10 ribu lainnya berdemo di kota terbesar kedua, Thessaloniki.

Aksi-aksi ini merupakan pemogokan luas pertama sejak musim panas, dan bertujuan menekan pemerintah koalisi agar membatalkan program penghematan yang tidak disukai rakyat, yang diwajibkan sebagai bagian dari program talangan internasional.

Para pejabat Yunani telah menyatakan tekad tidak akan tunduk pada tekanan para demonstran. Yunani telah bergantung pada dana talangan dari Dana Moneter Internasional dan negara-negara Eropa sejak bulan Mei 2010.

Recommended

XS
SM
MD
LG