Tautan-tautan Akses

AS

Ribuan Penerbangan di AS Batal Akibat Badai Sandy


Sebuah jip mengarungi banjir di jalanan Ocean City, Maryland, saat Badai Sandy menerpa Pantai Timur AS. (AP/Alex Brandon)

Sebuah jip mengarungi banjir di jalanan Ocean City, Maryland, saat Badai Sandy menerpa Pantai Timur AS. (AP/Alex Brandon)

Lebih dari 5.000 jadwal penerbangan di Amerika Serikat dibatalkan akibat Badai Sandy, yang saat ini berpusat di Pantai Timur.

Menurut jasa pelacakan penerbangan FlightAware, 1.100 penerbangan dibatalkan pada Minggu siang (28/10), dengan lebih dari 265 pembatalan tersebut ada di Bandar Udara Newark, pusat dari United Airlines.

Pada Senin pagi, hampir 4.000 penerbangan di Bandar Udara Newark, Kennedy dan LaGuardia di New York dan Philadelphia International.

FlightAware memperkirakan akan lebih banyak lagi penerbangan yang dibatalkan pada Senin dan Selasa.

Badai Sandy sedang bergerak ke utara dari Karibia, di mana lebih dari 60 orang tewas, dan akan bersinggungan dengan badai musim dingin, cuaca dingin serta ombak tinggi karena bulan purnama.

Para ahli mengatakan badai gabungan ini akan mengamuk di wilayah seluas 800 mil dari Pantai Timur, termasuk New York dan Washington, sampai Great Lakes. Semua aktivitas di Pantai Timur diperkirakan akan terhenti selama beberapa hari akibat angin kencang, banjir dan pemadaman listrik.

Meski badai ini tidak seganas Badai Katrina, yang menghancurkan New Orleans pada 2005, para ahli memperkirakan ukurannya lebih besar saat menerpa daratan. Angin Sandy bisa menjangkau 520 mil dari pusat badai, ujar para ahli meteorologi.

Sejumlah kota, termasuk New York, menutup sistem transportasi dan sekolah, dan memerintahkan warga, terutama yang ada di daerah rendah, untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

Semua bursa saham Amerika ditutup Senin dan kemungkinan Selasa, demikian juga kantor PBB, teater Broadway, kasino di New Jersey dan perkantoran. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG