Tautan-tautan Akses

Ribuan Penduduk Ukraina Mengungsi ke Rusia


Warga membawa barang miliknya saat berjalan untuk menyeberangi perbatasan menuju Rusia di Izvaryne, wilayah Luhansk, Ukraina timur (26/6).

Warga membawa barang miliknya saat berjalan untuk menyeberangi perbatasan menuju Rusia di Izvaryne, wilayah Luhansk, Ukraina timur (26/6).

Pengungsian besar-besaran ini, yang disaksikan oleh seorang wartawan Associated Press, terjadi beberapa jam sebelum gencatan senjata Ukraina habis masa berlakunya.

Para saksi mengatakan ribuan penduduk Ukraina yang mengungsi dari kekerasan di Ukraina timur antre Kamis malam (26/6) di perbatasan Rusia dalam mobil yang penuh dengan barang-barang pribadi untuk menyeberang ke Rusia.

Pengungsian besar-besaran ini, yang disaksikan oleh seorang wartawan kantor berita Associated Press, terjadi beberapa jam sebelum gencatan senjata Ukraina habis masa berlakunya, dan hampir tidak ada kemajuan dilaporkan dalam pembicaraan yang bertujuan untuk mengakhiri pemberontakan bersenjata oleh separatis pro-Rusia.

Masih tidak jelas Kamis malam apakah batas-waktu pukul 7 waktu Greenwich akan diperpanjang.

Sementara itu, Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa mengatakan empat orang pemantaunya, yang diculik oleh pemberontak bulan lalu telah dibebaskan. Aleksandr Borodai, yang menyatakan diri “perdana menteri” daerah Donetsk yang memisahkan diri, menggambarkan pembebasan Kamis malam sebagai langkah menunjukkan itikad baik.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG