Tautan-tautan Akses

Ribuan Pekerja Mesir Protes Kenaikan Harga Minyak


Seorang demonstran melompat ke mobil polisi yang lewat dalam protes anti-pemerintah (22/2). (Foto: Reuters)
Seorang demonstran melompat ke mobil polisi yang lewat dalam protes anti-pemerintah (22/2). (Foto: Reuters)

Ribuan pekerja di Mesir memblokir jalan-jalan kereta api sebagai protes kenaikan harga dan pencabutan subsidi BBM.

Ribuan pekerja pembuat batu bata di Mesir memblokir jalan-jalan kereta api dari selatan yang menuju ke Kairo untuk hari kedua berturut-turut, memprotes naiknya harga-harga minyak.

Pemerintah mencabut subsidi bahan bakar minyak minggu lalu, dan memicu aksi protes oleh buruh pabrik dan buruh tambang.

Ketegangan terus melanda Mesir belakangan ini, khususnya karena kemarahan publik atas tindakan pemerintah untuk mengurangi defisit negara yang besar dengan mengurangi berbagai subsidi. Tapi kerusuhan itu juga bersifat politis, karena kecaman-kecaman terhadap pemerintahan Presiden Mohammed Morsi terus meningkat.

Kelompok oposisi menuduh Morsi dan pemerintahannya gagal menyelesaikan berbagai masalah dan terus berusaha memonopoli kekuasaan. Pemerintah mengatakan, pertengkaran politik telah menghambat kemampuannya untuk menghadapi masalah ekonomi yang serius.

Khaled el-Hawari, eksekutif pemasaran salah satu pabrik batu bata itu mengatakan naiknya harga minyak bakar 50 persen telah mengancam kelangsungan hidup pabriknya dan ratusan pekerja mungkin akan terpaksa diberhentikan.

Pejabat keamanan mengatakan, pemblokiran jalan kereta api dari dan ke Kairo itu telah mengakibatkan kemacetan hebat dalam lalu lintas kereta api.
XS
SM
MD
LG