Tautan-tautan Akses

Ribuan Pekerja Bangladesh Protes Kebakaran Pabrik Garmen


Ribuan pekerja garmen Bangladesh turun ke jalan di ibukota Dhaka untuk memrotes kebakaran pabrik yang menewaskan 110 orang, hari Senin (26/11).

Ribuan pekerja garmen Bangladesh turun ke jalan di ibukota Dhaka untuk memrotes kebakaran pabrik yang menewaskan 110 orang, hari Senin (26/11).

Ribuan pekerja garmen turun ke jalan di Bangladesh hari Senin memrotes kebakaran pabrik yang menewaskan sekurang-kurangnya 110 orang.

Ribuan buruh garmen hari Senin turun ke jalan-jalan berdemonstrasi mengecam insiden kebakaran pabrik yang menewaskan sedikitnya 110 orang.

Demonstran menghadang jalan masuk ke sebuah jalan tol utama dan melemparkan batu-batu ke sebuah pabrik di pinggiran Dhaka, ibukota Bangladesh.

Ratusan pekerja terperangkap dalam kebakaran yang mulai Sabtu malam di pabrik Tazreen Fashion diluar Dhaka. Pejabat pemadam kebakaran mengatakan kurangnya pintu keluar darurat ikut menyebabkan korban tewas karena banyak buruh yang melompat dari gedung bertingkat delapan itu setelah terperangkap dalam kebakaran. Pihak berwenang masih belum tahu penyebab kebakaran.

Pemerintah mengumumkan Selasa sebagai hari berkabung nasional.

Ada sekitar 4.000 pabrik garmen di Bangladesh yang menghasilkan pakaian untuk merk-merk internasional. Negara itu menghasilkan kira-kira 20 miliar dollar per tahun dari penjualan pakaian diluar negeri – sekitar 80 persen dari ekspornya.

Toko eceran Amerika, Walmart, merilis pernyataan yang mengatakan “sambil berusaha mencari tahu apakah pabrik itu terkait dengan Walmart ataupun salah satu pemasok kami, keamanan dari kebakaran adalah poin yang sangat penting dalam program audit pabrik Walmart dan kami telah berupaya dalam industri pakaian untuk memperbaiki pendidikan dan pelatihan tentang keamanan dari kebakaran di Bangladesh.”
XS
SM
MD
LG