Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Tidur di Udara Terbuka setelah Gempa Bumi Maut di Spanyol


Ribuan orang menunggu kembali ke rumah mereka setelah menghabiskan malam di tempat terbuka akibat gempa yang mengguncang kota Lorca di Spanyol tenggara.

Ribuan orang menunggu kembali ke rumah mereka setelah menghabiskan malam di tempat terbuka akibat gempa yang mengguncang kota Lorca di Spanyol tenggara.

Para pejabat mengatakan delapan orang tewas, rumah-rumah runtuh dan gereja-gereja bersejarah dan sejumlah gedung rusak.

Ribuan orang tidur di udara terbuka di sebuah kota di Spanyol selatan, karena khawatir akan terjadi gempa susulan setelah terjadi dua kali gempa bumi yang menelan korban jiwa hari Rabu.

Para pejabat di daerah wisata populer Murcia mengatakan hari Kamis paling sedikit delapan orang tewas dalam gempa itu. Gempa menyebabkan rumah-rumah runtuh dan merusak gereja-gereja bersejarah dan sejumlah gedung.

Para pekerja bantuan memberikan selimut, makanan dan air kepada warga sementara reruntuhan bangunan dan mobil-mobil yang rusak memenuhi jalan-jalan kota kuno Lorca. Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa yang lebih kuat yang berkekuatan 5,1 SR berada satu kilometer di bawah tanah. Gempa yang lebih lemah yang berkekuatan 4,4 SR menghantam daerah itu tidak lama sebelumnya.

Perdana Menteri Jose Luis Zapatero memerintahkan pengerahan satuan-satuan militer darurat untuk membantu usaha-usaha penyelamatan. Lorca, sebuah kota berpenduduk sekitar 90 ribu orang, telah berusia ribuan tahun dengan pusat kota tua dan jalan-jalan yang sempit.

XS
SM
MD
LG