Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Ramaikan Parade Pertama Kesetaraan Hak Gay di Siprus


Para peserta parade gay pertama di Nicostia, Siprus, turun ke jalan sambil memegang bendera pelangi dan poster-poster menyerukan persamaan hak di negara itu (31/5).

Para peserta parade gay pertama di Nicostia, Siprus, turun ke jalan sambil memegang bendera pelangi dan poster-poster menyerukan persamaan hak di negara itu (31/5).

Ribuan orang berpartisipasi dalam parade pertama untuk kesetaraan hak orang gay di Siprus, Sabtu (31/5), melampaui perkiraan pihak penyelenggara yang mengharapkan hanya beberapa ratus orang.

Costas Gavrielides, kepala salah satu kelompok penyelenggara, mengatakan popularitas parade pertama untuk kesetaraan hak orang gay di Siprus, membuktikan bahwa rakyat Siprus mulai meninggalkan pandangan konservatif.

Dalam parade di jantung kota Nicosia, ibukota Siprus, Gavrielides mendesak parlemen agar mengesahkan UU untuk menjamin kesetaraan hak bagi orang gay termasuk hak pernikahan sipil.

Siprus, anggota Uni Eropa dan mayoritas penduduknya umat Kristen Ortodoks, telah lama menyatakan homoseksualitas bukan kejahatan. Tetapi para aktivis mengatakan masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam hak-hak orang gay.

Diantara yang hadir dalam parade itu adalah pelopor hak gay Siprus Alecos Modinos, yang gugatan hukumnya tahun 1990an berujung pada pencabutan UU anti-gay disana.

Gereja Kristen Ortodoks Siprus mengecam parade itu. Juga Sabtu (31/5), sebuah kelompok Kristen Ortodoks lainnya mengajukan petisi kepada Presiden Nicos Anastasiades agar memblokir UU apapun yang hendak mengizinkan pasangan gay mengadopsi anak.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG