Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Protes Kebrutalan Polisi di Georgia


Demonstrasi memprotes tindakan keras oleh para petugas keamanan di Tbilisi, Georgia.

Demonstrasi memprotes tindakan keras oleh para petugas keamanan di Tbilisi, Georgia.

Hari Kamis, polisi menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan demonstrasi menuntut pengunduran diri Presiden Mikheil Saakashvili.

Para demonstran berkumpul di ibukota Georgia hari Sabtu untuk memrotes kekerasan polisi ketika membubarkan demonstrasi awal minggu ini.

Tiga ribu orang lebih berbaris menuju gedung parlemen di pusat kota Tbilisi namun kali ini demonstrasi berakhir damai.

Hari Kamis, polisi menggunakan gas air mata, semprotan air dan peluru karet untuk membubarkan para demonstran yang menyerukan pengunduran diri Presiden Mikheil Saakashvili.

Hampir 40 orang cedera dan pejabat mengatakan dua orang tewas ditabrak mobil-mobil yang membawa pemimpin demonstrasi meninggalkan kawasan itu. Pihak berwenang membubarkan demonstrasi anti pemerintah dan menangkap 90 orang beberapa jam sebelum parade militer Hari Kemerdekaan yang berlangsung sesuai dengan jadwal.

Demonstrasi-demonstrasi untuk memaksa Presiden Saakashvili mundur dimulai hari Sabtu lalu dan sebagian besar berlangsung damai.

Kelompok-kelompok HAM menuduh pihak berwenang Georgia menggunakan kekerasan secara berlebihan, namun sebagian pengamat mengatakan tampaknya demonstran juga berusaha melakukan konfrontasi.

XS
SM
MD
LG