Tautan-tautan Akses

AS

Ribuan Orang Akan Hadiri Pemakaman Michael Brown


Barang-barang tanda penghormatan pada Michael Brown di Ferguson, Missouri. (VOA/Gesell Tobias)

Barang-barang tanda penghormatan pada Michael Brown di Ferguson, Missouri. (VOA/Gesell Tobias)

Pemakaman Senin akan dipantau oleh polisi dalam jumlah besar untuk menjaga supaya kekerasan tidak terjadi lagi.

Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri upacara pemakaman Michael Brown, Senin (25/8), di kota St. Louis bagian tengah Amerika. Brown adalah remaja kulit hitam yang tidak bersenjata dan ditembak mati oleh seorang polisi kulit putih sebelumnya bulan ini.

Brown yang berusia 18 tahun itu ditembak mati oleh Darren Wilson dalam konfrontasi pada 9 Augustus di pinggir kota St Louis, Ferguson.

Pemakaman Senin akan dipantau oleh polisi dalam jumlah besar untuk menjaga supaya kekerasan tidak terjadi lagi. Ferguson telah tenang dalam beberapa hari ini setelah hampir dua minggu mengalami kerusuhan.

Sejumlah pemimpin hak-hak sipil nasional diperkirakan akan hadir dalam upacara, termasuk Al Sharpton, yang akan mengucapkan pidato penghargaan.

Tiga pejabat Gedung Putih akan menghadirinya, antara lain Broderick Johnson, pimpinan satuan tugas My Brother’s Keeper, dan Marion Marshall serta Heather Foster dari kantor hubungan masyarakat Gedung Putih.

Keterangan-keterangan mengenai penembakan 9 Augustus itu berbeda-beda. Polisi menuduh Brown-lah yang menyerang polisi dalam konfrontasi dengan Wilson, tetapi para saksi mengatakan penembakan itu tidak beralasan dan Brown berusaha menyerah.

XS
SM
MD
LG