Tautan-tautan Akses

AS

Ribuan Napi AS Bisa Ajukan Permohonan Grasi


Para napi AS di penjara Santa Clarita, California (foto: dok).

Para napi AS di penjara Santa Clarita, California (foto: dok).

Inisiatif itu adalah bagian dari upaya pemerintahan Presiden Barack Obama untuk memangkas populasi di penjara-penjara Amerika.

Departemen Kehakiman Amerika hari Rabu mengumumkan imbauan kepada para narapidana federal yang berkelakuan baik di penjara, yang tidak memiliki sejarah kriminal signifikan, dan telah dipenjara lebih 10 tahun agar mengajukan permohonan grasi.

Inisiatif itu adalah bagian dari upaya pemerintahan Presiden Barack Obama untuk memangkas populasi di penjara-penjara Amerika, mengurangi ketimpangan vonis dalam kasus kepemilikan narkoba, dan mengurangi penggunaan hukuman berat bagi pelaku kejahatan narkoba yang tidak memiliki sejarah kekerasan.

Tujuan upaya itu adalah memperbanyak jumlah narapidana yang memenuhi persyaratan untuk direkomendasikan oleh Departemen Kehakiman Amerika kepada presiden agar mendapat pengurangan hukuman.

Wakil Jaksa Agung Amerika James Cole merinci enam kriteria grasi yang akan dipertimbangkan pemerintah dalam mengevaluasi permohonan grasi di masa depan. Inisiatif itu diarahkan umumnya bagi narapidana narkoba, terutama mereka yang divonis berdasarkan panduan lama di mana orang yang tertangkap dengan kokain hisap mendapat vonis lebih berat daripada yang tertangkap dengan kokain dalam bentuk bubuk.

Kokain hisap cenderung dimiliki orang kulit hitam, sementara kokain bubuk cenderung digunakan orang kulit putih.

Namun Cole mengatakan hal itu juga berlaku bagi narapidana federal yang dipenjara karena kejahatan-kejahatan lain asalkan memenuhi ke-enam kriteria tersebut.
XS
SM
MD
LG