Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Mengenang Muhammad Ali di Louisville, Kentucky


Para penggemar Ali menunggu proses pemakaman di Cave Hill Cemetery, Louisville, Kentucky, Jumat (10/6).

Para penggemar Ali menunggu proses pemakaman di Cave Hill Cemetery, Louisville, Kentucky, Jumat (10/6).

Muhammad Ali dikebumikan dalam upacara keluarga di pemakaman Cave Hill Cemetery, yang dipilihnya sebagai tempat peristirahatannya yang terakhir, 10 tahun yang lalu.

Ribuan orang berjajar di jalan-jalan kota kelahiran Muhammad Ali sambil meneriakkan “Ali”, "Muslim Amerika paling terkenal" Jumat (10/6) untuk mengucapkan selamat berpisah kepada petinju terkenal tersebut , yang meninggal seminggu yang lalu pada usia 74 tahun.

Peti jenazah Ali berwarna merah dan diselubungi kain bertuliskan Arab dibawa dengan mobil jenazah melalui - tempat-tempat - yang berarti penting baginya : rumah masa kecilnya , gedung olah raga di mana ia pertama kali belajar tinju, dan museum yang – diberi namanya.

Selagi prosesi melewati jalan-jalan, orang-orang menyampaikan ucapan berpisah terakhir mereka untuk Muhammad Ali dengan nyanyian, pekikan ,

dan dengan mengenalkan baju kaos bergambar Muhammad Ali, Ali t-shirt atau, di beberapa ruas jalan, berlari di samping mobil jenazah. Menjelang akhir prosesi, kaca depan mobil jenazah hampir sepenuhnya tertutup bunga yang ditaruh oleh para pelayat yang bersimpathi.

Upacara mengenang jenazah diadakan di arena olahraga di Louisville Jumat sore, di mana mantan presiden Amerika Bill Clinton dan comedian Billy Crystal menyampaikan kenangan mereka tentang Ali.

Mantan juara tinju kelas berat Mike Tyson dan Lennox Lewis adalah antara lain yang ikut mengusung jenazah dalam acara, yang disiarkan melalui televisi.

Juru bicara keluarga Ali Bob Gunnell mengatakan, Tyson adalah tambahan akhir. Gunnell juga mengatakan Tyson sangat sedih setelah mengethui meninggalnya Ali dan tidak yakin apakah ia bisa mengatasi emosi pada pemakaman Ali.

Aktor Will Smith, yang dinominasikan untuk menerima piala Oscar untuk perannya yang memainkan Ali, adalah juga salah satu pengusung peti jenazah.

Muhammad Ali dikebumikan dalam upacara keluarga di pemakaman Cave Hill Cemetery, yang dipilihnya sebagai tempat peristirahatannya yang terakhir sepuluh tahun yang lalu.

Penasihat senior Gedung Putih Valerie Jarrett akan membacakan surat dari Presiden Amerika Barack Obama, yang berada di Washington untuk menghadiri wisuda putrinya. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG