Tautan-tautan Akses

Ribuan Demonstran di Dua Kota Yaman Tuntut Penggulingan Presiden Saleh


Para perempuan Yaman di kota Taiz ikut melakukan protes menuntut digulingkannya Presiden Ali Abdullah Saleh (17/7).

Para perempuan Yaman di kota Taiz ikut melakukan protes menuntut digulingkannya Presiden Ali Abdullah Saleh (17/7).

Presiden Saleh sedang menjalani pengobatan di Arab Saudi setelah menderita luka bakar akibat serangan roket tanggal 3 Juni lalu.

Puluhan ribu orang berdemonstrasi di dua kota terbesar Yaman untuk menuntut digulingkannya Presiden Ali Abdullah Saleh yang telah berkuasa secara otokratik selama 33 tahun.

Demonstran di kota Taiz di selatan melambai-lambaikan bendera hitam untuk memperingati ulang tahun ke 33 pemerintahan Presiden Saleh. Kelompok-kelompok oposisi juga menyerukan slogan-slogan anti-Saleh di lapangan utama ibukota Sanaa, pusat demonstrasi yang telah berlangsung berbulan-bulan.

Saleh sedang berobat di Arab Saudi setelah menderita luka-luka bakar dalam serangan tanggal 3 Juni atas kompleks kediamannya. Serangan bom itu juga melukai perdana menteri, gubernur Sanaa dan ketua Dewan Shura, bagian dari DPR Yaman.

Kantor berita Yaman mengatakan, Presiden Saleh mengunjungi ketiga pejabat yang cedera dan juga dirawat di rumah sakit Arab Saudi hari minggu. Saleh menolak tuntutan demonstran untuk segera melepaskan jabatan, dan berkeras bahwa ia akan memimpin transisi ke sistem pemerintahan yang lebih demokratis.

XS
SM
MD
LG