Tautan-tautan Akses

Ribuan Buruh Portugal Protes Usulan PM dalam Atasi Krisis Ekonomi


Perdana Menteri Portugal Jose Socrates mengancam akan mundur jika parlemen langkah-langkah pemangkasan defisitnya.

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates mengancam akan mundur jika parlemen langkah-langkah pemangkasan defisitnya.

Para demonstran yang turun ke jalan-jalan Lisbon menentang peningkatan pajak, pemotongan upah dan pengurangan tunjangan kesejahteraan.

Ribuan buruh berpawai di jalan-jalan di ibukota Portugal, Lisbon, Sabtu, untuk berdemonstrasi menentang tindakan drastis pemerintah yang bertujuan mengatasi krisis ekonomi di negara ini.

Serikat buruh terbesar di Portugal, Konfederasi Umum Buruh Portugal, mengorganisasikan demonstrasi tersebut. Para pemimpin serikat buruh mengatakan para buruh berdemonstrasi menentang peningkatan pajak, pemotongan upah dan pengurangan tunjangan kesejahteraan.

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates telah memperingatkan bahwa tentangan di dalam negeri terhadap pemangkasan defisit pemerintah yang diusulkannya, akan memaksa Portugal mencari dana talangan internasional.

Socrates mengatakan ia akan mundur jika parlemen tidak menyetujui langkah yang diusulkannya, yang akan menjadi keempat kalinya selama setahun terakhir dan telah memicu gelombang aksi mogok di Portugal. Ia berusaha memperoleh persetujuan atas langkah baru itu sebelum para pemimpin Eropa bertemu akhir bulan ini untuk mempertimbangkan peraturan-peraturan baru dalam memberikan bantuan keuangan ke negara-negara yang didera utang di Eropa.

XS
SM
MD
LG