Tautan-tautan Akses

RI-AS Siap Tingkatkan Hubungan Diplomasi


Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan berkunjung ke Washington, September.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan berkunjung ke Washington, September.

Menlu Marty Natalegawa akan bertemu Menlu AS Hillary Clinton pada bulan September untuk mendiskusikan berbagai isu.

Hubungan antara dua negara demokrasi terbesar di dunia akan meningkat saat diplomat tertinggi Indonesia berkunjung ke Washington bulan September nanti.

Duta Besar Amerika Untuk Indonesia Cameron Hume mengumumkan rencana kunjungan tersebut hari Rabu di Jakarta. Menurutnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bulan September untuk mendiskusikan pertahanan, pendidikan dan isu-isu lainnya.

Duta Besar Hume mengatakan kerjasama militer telah meningkat sejak tahun 2005 ketika Amerika memulihkan hubungan dengan tentara Indonesia.

Pekan lalu, Amerika mengatakan akan memulai kembali kerjasama dengan satuan Kopassus. Pengumuman tersebut menimbulkan kemarahan sejumlah organisasi HAM yang menuduh Kopassus melakukan pelanggaran HAM.

Amerika Serikat beranggapan Kopassus pada umumnya telah berubah, namun Duta Besar Hume mengatakan otoritas Amerika akan terus memantaunya.

Pendidikan juga akan menjadi salah satu isu penting dalam pertemuan September nanti. Duta Besar Hume mengatakan jumlah orang Indonesia yang belajar di Amerika naik 30 persen per tahun, dan bahwa pejabat-pejabat berharap angka ini akan terus meningkat.

XS
SM
MD
LG