Tautan-tautan Akses

iPhone Kini Tersedia di Jaringan Mobile Terbesar Dunia


Seorang pekerja membersihkan jendela di depan reklame iPhone 5C di Kunming, provinsi Yunnan, China (foto: dok).
Seorang pekerja membersihkan jendela di depan reklame iPhone 5C di Kunming, provinsi Yunnan, China (foto: dok).

China Mobile yang memiliki 760 juta pelanggan, akan mulai menerima pesanan untuk iPhone pada tanggal 25 Desember

Apple Inc mengatakan perusahaan tersebut telah menandatangani perjanjian dengan China Mobile Ltd untuk menjual iPhone melalui jaringan terbesar pengguna ponsel terbesar itu.

Dalam perjanjian yang dapat mendatangkan pemasukan miliaran dolar tersebut, Apple mengatakan smartphone-nya kini tersedia bagi pelanggan China Mobile mulai 17 Januari. Harga dan informasi lainnya mengenai iPhone 5S dan 5S akan dirilis kemudian, ujar pernyataan dari Apple.

China Mobile yang memiliki 760 juta pelanggan, akan mulai menerima pesanan untuk iPhone pada tanggal 25 Desember, ujar perusahaan tersebut di Weibo, situs mikroblog seperti Twitter di China.

China merupakan pangsa pasar terbesar kedua bagi perusahaan-perusahaan Amerika setelah pasar domestik AS. Dengan demikian, China bernilai strategis bagi Apple dalam bersaing dengan Samsung Electronics Co Ltd dari Korea.

Apple tidak memberikan rincian nilai perjanjian. Tim Cook, CEO Apple, mengatakan dalam pernyataannya bahwa China pasar yang sangat penting bagi perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, ini.

Di pasaran smartphone yang sedang 'booming,' penjualan Apple tertinggal di belakang pesaing-pesaingnya. Pengiriman iPhone di China bertumbuh 32 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, sekitar separuh penjualan Lenovo Group Ltd, yang penjualannya naik 64 persen.

Pertarungan dengan Samsung

China Mobile diproyeksikan akan mengaktifkan 17 miliar iPhone baru pada tahun 2014, menurut biro riset Forrester - lebih dari dua kali lipat jumlah iPhone yang terjual di China selama 12 bulan terakhir (16,8 miliar).

Kerjasama dengan China Mobile sudah digodok selama bertahun-tahun. Perundingan berlangsung alot, karena sulitnya tercapai persetujuan mengenai pembagian keuntungan, demikian menurut analis.

China Mobile merupakan satu-satunya provider di China yang tidak menawarkan iPhone bagi para pelanggannya, karena isu dengan teknologi nirkabel 3G China Mobile yang menggunakan TD-SCDMA.

Pada 4 Desember, pemerintah China memberikan izin kepada beberapa provider termasuk China Mobile Ltd untuk mengoperasikan jaringan nirkabel 4G. Model-model iPhone terbaru menggunakan teknologi 4G yang dikenal dengan TD-LTE.

Menurut China Mobile, perusahaan ini sudah memiliki 45 juta pengguna iPhone pada jaringannya. Namun para pelanggan tersebut hanya dapat menggunakan jaringan 2G yang lebih lambat.
XS
SM
MD
LG