Tautan-tautan Akses

Restoran Spanyol Terbaik di Dunia


Kepala koki Joan Roca (tengah) dari Restoran El Celler De Can Roca di Girona, Spanyol, didampingi adik-adiknya Jordi (kiri) dan Josep berbicara dengan wartawan sebelum pengumuman 50 Restoran Terbaik Dunia di London. (AP/Lefteris Pitarakis)

Kepala koki Joan Roca (tengah) dari Restoran El Celler De Can Roca di Girona, Spanyol, didampingi adik-adiknya Jordi (kiri) dan Josep berbicara dengan wartawan sebelum pengumuman 50 Restoran Terbaik Dunia di London. (AP/Lefteris Pitarakis)

El Celler De Can Roca di Girona, Spanyol terpilih menjadi restoran terbaik di dunia versi majalah Restaurant di Inggris.

El Celler De Can Roca di Spanyol mengalahkan Noma di Denmark dan Osteria Francescana di Italia untuk posisi teratas daftar 50 Restoran Terbaik Dunia versi majalah Restaurant di Inggris.

Restoran Spanyol lain, Mugaritz, di San Sebastian, dan Eleven Madison Park di New York, juga masuk dalam lima besar.

"El Celler de Can Roca di Girona telah lama menjadi tempat paling menyenangkan untuk makan di Spanyol, dan telah menjadi nomor dua dalam daftar ini selama dua tahun. El Celler telah mengalahkan Noma di Denmark, yang selama tiga tahun terakhir berada di tempat teratas,” ujar penyelenggara dalam pernyataan Senin (29/4).

"Restoran milik Roca bersaudara ini telah memiliki pengakuan global karena kombinasi makanan Katalan dan teknik canggih serta semangat yang mereka bagi untuk pelayanan,” tambahnya.

Dimiliki oleh tiga kakak beradik Joan, Joardi dan Josep Roca, restoran garda depan di timur laut Spanyol itu berharap penghargaan terhadap mereka dapat mendongkrak wisata makanan di negara yang sedang mengalami resesi tersebut.

El Celler, yang dibuka oleh ketiga saudara itu pada 1986 dan memiliki tiga bintang Michelin, mengutamakan bahan-bahan dari daerah Katalan seperti makanan laut yang segar dan senang bermain-main dengan penyajian, seperti meletakkan buah zaitun bersalut karamel di atas pohon bonsai.

Makanan yang dihidangkan termasuk pencuci mulut berdasarkan bahan parfum, seperti parfum Eternity dari Calvin Klein, es krim dengan rasa seperti asap cerutu Kuba, serta udang Pantai Dublin dengan asap kari.

“Penghargaan tersebut berarti kita dapat memperkuat merek kita dan mempromosikan negara kita, yang merupakan hal yang sangat penting,” ujar Josep Roca, yang membuka restoran tersebut bersama adik-adiknya setelah belajar bisnis itu dari restoran Can Roca milik orangtua mereka, juga di Girona.

Elena Arzak, yang dinamakan koki terbaik dunia dua tahun lalu, mengatakan ia juga berharap penghargaan tersebut dapat mendongkrak ekonomi Spanyol yang terpuruk.
Pariwisata merupakan salah satu dari beberapa bidang yang masih bersinar dalam ekonomi Spanyol, yang terus jatuh selama tujuh kuartal berturut-turut dengan angka pengangguran mencapai rekor 27 persen.

Majalah Restoran telah menerbitkan daftar tahunan sejak 2002. Daftar itu dikumpulkan dari 50 Akademi Restoran Terbaik di Dunia versi The Diners Club, yang dipilih oleh 900 pemimpin industri restoran internasional. (Reuters)
XS
SM
MD
LG