Tautan-tautan Akses

Resesi Ekonomi Tak Halangi Bisnis Perawatan Hewan Peliharaan AS

  • Deborah Block

Bisnis perawatan hewan peliharaan di Amerika justru menjamur dan tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi.

Bisnis perawatan hewan peliharaan di Amerika justru menjamur dan tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi.

Walaupun mengalami resesi ekonomi, banyak pemilik hewan peliharaan di Amerika menghabiskan lebih banyak dana untuk merawat hewan peliharaannya.

Sebuah tempat penitipan hewan di Alexandria, Virginia, yang dinamakan “a Dog’s Day Out” memiliki program di mana pemilik hewan dapat membawa anjing mereka untuk bermain seharian atau bahkan menginap satu malam. Salah satu pemilik hewan yang menjadi pelanggan tetap program ini adalah, Gay Lynn Fourney.

Ia merujuk anjing kecilnya sebagai anak perempuannya.

“Ini adalah anak perempuan kecil saya dan saya ingin ia dapat bersenang-senang sepanjang hari saat saya berada di kantor, karena pekerjaan saya banyak dan saya tidak ingin meninggalkannya sendirian di rumah,” papar Fourney.

Menurut laporan, tahun lalu warga Amerika menghabiskan biaya sebesar 50 miliar dollar untuk merawat hewan peliharaannya – naik 23 persen sejak tahun 2007. Chas Richardson, pemilik tempat perawatan hewan “ A Dog’s Day Out” mengatakan, bisnisnya memberikan keuntungan sebesar 25 persen.

“Industri hewan peliharaan terus berkembang. Pasar kami, perawatan hewan peliharaan, kami yakini akan terus berkemban,” ujarnya.

Di tempat penitipan hewan “A Dog’s Day Out” di Alexandria, Virginia, orang bisa membawa anjing mereka untuk bermain seharian atau menginap.

Di tempat penitipan hewan “A Dog’s Day Out” di Alexandria, Virginia, orang bisa membawa anjing mereka untuk bermain seharian atau menginap.

Duane Ekadahl, kepala Institut Makanan Hewan, mengatakan, industri ini berkembang karena lebih banyak orang yang memperlakukan hewan peliharaannya sebagai anggota keluarga.

“Pemilik hewan ingin membalas perhatian yang didapat dari hewan peliharaannya dengan membelikan makanan yang baik, produk yang bagus, mainan dan seterusnya,” paparnya.

Ekadahl menambahkan, warga Amerika sedang menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, dan itu juga diterapkan bagi hewan peliharaan mereka, termasuk makanan dan camilan yang menyehatkan bagi hewan mereka.

Salah satu toko kue khusus untuk hewan peliharaan, “Dogma Gourmet Dog Bakery and Pet Boutique” memanggang kue renyah bagi pelanggannya setiap hari agar tetap fresh. Menurut pengelola toko tersebut, Kamala Mohammed, kue renyah itu dibuat dari bahan-bahan yang sehat dan tidak mengandung garam, gula atau bahan pengawet.

Bisnis lain yang juga berkembang adalah salon perawatan bagi hewan peliharaan.

Sebagian besar pemilik hewan membawa anjing mereka ke salon anjing, “Bark and Bubbles” di Virginia.

Shannon Parker membawa anjingnya ke salon tersebut agar anjingnya mendapat perawatan mandi dan wajah dengan buah berry. Menurutnya, memandikan anjingnya di salon lebih mudah daripada anjingnya membasahi seluruh rumah.

Vicki Pittman, pemilik salon hewan itu mengatakan, orang sangat menyayangi hewan peliharaannya dan merasa ada ikatan dengannya. Yang terutama adalah, si pemilik hewan dapat menghabiskan waktu bersama hewan peliharaanya.

XS
SM
MD
LG