Tautan-tautan Akses

Reporter VOA Ditahan di Ethiopia


Warga muslim Ethiopia melakukan demonstrasi seusai shalat Jumat di ibukota Addis Ababa (25/5).

Warga muslim Ethiopia melakukan demonstrasi seusai shalat Jumat di ibukota Addis Ababa (25/5).

Wartawan Peter Heinlein dan penerjemahnya Simegineh Yekoye ditahan ketika berusaha mewawancarai demonstran dalam demonstrasi Muslim di Addis Ababa.

Wartawan VOA ditahan di ibukota Ethiopia ketika hendak meliput demonstrasi hari Jumat. Saksi mata penangkapan kepada VOA mengatakan wartawan Peter Heinlein dan penerjemahnya Simegineh Yekoye ditahan ketika berusaha mewawancarai demonstran dalam demonstrasi Muslim seusai shalat Jumat di Addis Ababa.

Wartawan Barat lain mengatakan banyak polisi dalam demonstrasi itu dan bahwa ia juga dihentikan oleh polisi dan disuruh meninggalkan daerah itu. Tom Rhodes, jurubicara Komite Perlindungan Wartawan (CPJ) Afrika Timur, mengatakan ia mengerti bahwa Heinlein dituduh bertindak "tidak profesional dan secara ilegal."

Dikatakan, jurubicara pemerintah menuduh Heinlein, yang menikah dengan diplomat Denmark, secara tidak sah menggunakan kendaraan diplomatik dan menolak menunjukkan akreditasi media. Rhodes menambahkan, tuduhan itu tampaknya bertentangan dengan reputasi Heinlein sebagai jurnalis yang sangat profesional yang telah bekerja untuk VOA sejak tahun 1988.

Dalam pernyataan resminya, VOA mengatakan, "keamanan dan kesejahteraan wartawan kami menjadi perhatian kami sepenuhnya dan kami berusaha mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang kondisi Heinlein." Pernyataan itu menyebutkan VOA menghubungi Departemen Luar Negeri Amerika guna mencari informasi lebih lanjut dan "Kami mendesak pemerintah Ethiopia agar memungkinkan Heinlein melakukan tanggung jawab jurnalistiknya tanpa gangguan."

Heinlein pekan lalu melaporkan meningkatnya ketegangan antara pemerintah dan minoritas Muslim Ethiopia, yang telah melakukan serangkaian demonstrasi untuk memprotes apa yang dinilai masyarakat itu sebagai campur tangan pemerintah dalam urusan Islam.

CPJ mengutip Menteri Komunikasi Pemerintah Bereket Simon yang mengatakan pejabat-pejabat ingin berbicara dengan Heinlein mengenai laporan "tidak objektif" tentang isu Muslim. Bereket tidak mengatakan apakah Heinlein telah secara resmi ditangkap atau didakwa.
XS
SM
MD
LG