Tautan-tautan Akses

Rencana Pemerintah Tingkatkan Tenaga Listrik Alami Kendala

  • Iris Gera

Pembahasan peningkatan tenaga listrik Indonesia. (VOA/Iris Gera)

Pembahasan peningkatan tenaga listrik Indonesia. (VOA/Iris Gera)

Menteri ESDM, Sudirman, mengatakan, rencana pemerintahan Presiden Joko Widodo meningkatkan tenaga listrik untuk mendongkrak perekonomian ternyata tidak mudah.

Sering terjadinya pemadaman listrik yang dikeluhkan masyarakat, termasuk para pengusaha karena menganggu proses produksi, diakui Menteri ESDM, Sudirman Said, karena kendala yang dialami pemerintah terkait upaya meningkatkan tenaga listrik di seluruh wilayah di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri ESDM dalam diskusi di Jakarta, Minggu (1/3).

Menteri ESDM, Sudirman Said menjelaskan ada delapan kendala utama yang dihadapi pemerintah terkait pengembangan tenaga listrik, di antaranya yang paling krusial adalah pembebasan tanah untuk membangun infrastruktur listrik. Selain itu juga masalah koordinasi lintas sektoral. Namun ditegaskan Menteri ESDM, pemerintah akan terus perbaiki kondisi yang selama ini dinilai mempersulit pencapaian target.

Sementara, Wakil Ketua MKI, Rully Rumata Simanjuntak berpendapat, upaya pemerintah memberlakukan program Perizinan Terpadu Satu Pintu atau PTSP di Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM, positif. Namun program tersebut tetap harus dibawah koordinasi pemerintah pusat agar efektif.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI, komisi yang membidangi masalah energi, Satya Widya Yudha.

XS
SM
MD
LG