Tautan-tautan Akses

Rencana Peluncuran Kapsul Antariksa Bersejarah Dibatalkan


Peluncuran dini hari Kapsul Dragon dari Cape Canaveral, Florida dibatalkan setengah detik sebelum peluncuran hari Sabtu (19/5).

Peluncuran dini hari Kapsul Dragon dari Cape Canaveral, Florida dibatalkan setengah detik sebelum peluncuran hari Sabtu (19/5).

Perusahaan AS, SpaceX membatalkan peluncuran pertama sebuah kapsul milik swasta ke Stasiun Antariksa Internasional hari Sabtu.

Sebuah masalah teknis telah memaksa perusahaan SpaceX membatalkan apa yang tadinya merupakan peluncuran pertama dari sebuah kapsul milik swasta ke Stasiun Antariksa Internasional.

Peluncuran dini hari Kapsul Dragon dari Cape Canaveral, Florida dibatalkan setengah detik sebelum peluncuran pada Sabtu.

Rencana semula adalah untuk mengulang kembali usaha peluncuran itu Selasa pagi.
Kapsul ini yang diletakkan diatas sebuah roket tipis putih dimiliki SpaceX dan mengangkut perbekalan untuk Stasiun Antariksa Internasional.

Direktur SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan perusahaan memutuskan menghentikan peluncuran setelah sebuah komputer mendeteksi tekanan tinggi di salah satu mesinnya. Katanya, penyebabnya belum jelas.

Shotwell menegaskan ini bukan sebuah kegagalan, karena ke 9 mesin roket itu dibutuhkan untuk peluncuran ini.

Kapsul Dragon membawa kargo seberat 544 kilogram dan ini dianggap sebagai sebuah uji penerbangan.

SpaceX menerima pendanaan lebih dari 380 juta dolar dari badan antariksa Amerika, NASA yang memensiunkan pesawat ulang aliknya tahun lalu.
XS
SM
MD
LG