Tautan-tautan Akses

Rencana Jepang Beli Pulau-Pulau Sengketa Picu Kemarahan Tiongkok


Pemerintah Jepang akan membeli 3 pulau tak berpenghuni di Kepulauan Senkaku yang juga diklaim oleh Tiongkok dan Taiwan (foto: dok).

Pemerintah Jepang akan membeli 3 pulau tak berpenghuni di Kepulauan Senkaku yang juga diklaim oleh Tiongkok dan Taiwan (foto: dok).

Pemerintah Tiongkok memperingatkan 'konsekuensi serius' jika Jepang tetap meneruskan rencana untuk membeli pulau-pulau sengketa itu dari sebuah keluarga Jepang.

Jepang hari Senin mengatakan telah memutuskan membeli sejumlah pulau yang disengketakan, memicu kemarahan Tiongkok yang memperingatkan “konsekuensi serius” jika Jepang meneruskan rencana itu.

Sekretaris Kabinet Jepang Osamu Fujimura mengatakan Jepang akan membeli tiga pulau tak berpenghuni di Laut Cina Selatan dari sebuah keluarga Jepang, yang diakui pemerintah Jepang sebagai pemilik. Tiongkok dan Taiwan juga mengklaim pulau-pulau itu, yang merupakan bagian dari apa yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok.

Fujimura mengatakan keputusan untuk menasionalisasi tiga pulau itu mencerminkan niat Jepang dalam menciptakan kondisi yang “stabil dan aman”, bukan memicu kemarahan Tiongkok.

Kementrian Luar Negeri Tiongkok mengatakan Beijing tidak akan “duduk diam dan membiarkan kedaulatan wilayahnya dilanggar.” Sebuah TV pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Yang Jiechi memanggil duta besar Jepang untuk Tiongkok untuk mengecam rencana tersebut.
XS
SM
MD
LG