Tautan-tautan Akses

Remaja Muslim Florida Dirikan Proyek bagi Warga Miskin


Project Downtown kini memiliki cabang di berbagai kota, termasuk di Atlanta, negara bagian Georgia ini.

Project Downtown kini memiliki cabang di berbagai kota, termasuk di Atlanta, negara bagian Georgia ini.

Di Florida bagian selatan, sekelompok mahasiswa Muslim Amerika menjalankan sebuah organisasi nirlaba yang disebut Project Downtown. Tujuan proyek itu adalah membantu kelompok miskin dari berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda.

Seperti di kota-kota besar lainnya di Amerika, di Tampa juga terdapat gelandangan dan juga orang-orang yang berusaha mengulurkan tangan untuk membantu mereka.

Banyak mahasiswa menjadi anggota Project Downtown, kelompok yang dibentuk sekitar dua tahun lalu di Miami dan sekarang memiliki cabang di berbagai kota lain di Amerika. Para anggota Project Downtown di Tampa mengatakan yang mendorong mereka bergabung adalah menyaksikan orang yang membutuhkan pertolongan.

Salah seorang mahasiswa di sana mengatakan, “Project Downtown dimulai oleh beberapa kelompok mahasiswa di Miami. Mereka mulai mengumpulkan uang setelah mengetahui masalah dalam masyarakat di sana. Mereka pergi ke balai kota setempat dan mulai menyediakan makanan bagi kelompok yang membutuhkannya.”

Bagi para mahasiswa di Project Downtown perbedaan keyakinan dengan orang-orang yang mereka tolong tidak dipermasalahkan. Jill Moreida, anggota Project Downtown, mengatakan, “Kami mendatangi mereka. Kami tidak hanya memberi mereka makanan dan pergi begitu saja, tetapi berteman dan berbicara dengan mereka. Kami berinteraksi dengan mereka terus menerus. Kami tahu keluarga mereka. Kami tahu ketika mereka sakit. Kami berupaya membina hubungan dengan mereka.”

Selagi hubungan berkembang, menurut Jill, kelompok gelandangan memperoleh pemahaman baru tentang Islam.

Project Downtown adalah satu organisasi yang disponsori kelompok Muslim Florida. Dananya berasal dari berbagai kelompok Muslim lainnya di negara bagian itu, termasuk Aliansi Muslim Tampa Bay.

Ketua aliansi tersebut yang juga adalah ahli jantung, Dr. Hussein Nagamiya, mengatakan, “Tujuan utama kami adalah memberi makan orang yang kelaparan, menyediakan pakaian bagi kelompok miskin, mencari tahu kebutuhan mereka, karena mereka gelandangan, tidak punya tempat berlindung. Kami memeriksa kesehatan mereka. Kami meneliti penyakit mereka dan mengirim mereka ke klinik gratis.”

Selain menolong kelompok miskin dan mengajarkan mereka tentang Islam, kelompok-kelompok seperti Project Downtown dan Aliansi Muslim Tampa Bay berharap dapat mencapai tujuan lainnya yakni memperlihatkan kepada warga Amerika lainnya, bahwa mayoritas Muslim Amerika adalah warga negara yang baik dan memberi sumbangan positif kepada Amerika.

XS
SM
MD
LG