Tautan-tautan Akses

Relik Firaun yang Berkuasa 3.400 Tahun Lalu Digali di Mesir


Patung Ahmenhotep III, salah satu Firaun Mesir yang paling berpengaruh, yang memerintah sekitar 3.400 tahun lalu.

Patung Ahmenhotep III, salah satu Firaun Mesir yang paling berpengaruh, yang memerintah sekitar 3.400 tahun lalu.

Firaun Amenhotep III memerintah kekaisaran Mesir pada puncak kemajuan peradaban antara 1390 hingga 1350 Sebelum Masehi.

Pakar purbakala di Mesir telah menggali bagian dari sebuah patung berumur lebih dari 3.000 tahun seorang Firaun yang diperkirakan adalah kakek Raja Tut yang terkenal itu.

Kepala dinas purbakala Mesir Zahi Hawass mengatakan, patung Amenhotep III itu ditemukan di situs kuilnya di Luxor, Mesir utara. Hawass mengatakan hari Sabtu relik itu menunjukkan Amenhotep duduk di sebuah kursi kerajaan, didampingi dewa Amun.

Pakar purbakala mengatakan patung itu tingginya sekitar tiga meter.

Firaun Amenhotep III memerintah kekaisaran Mesir pada puncak kemajuan peradabannya dari sekitar tahun 1390 hingga tahun 1350 Sebelum Masehi, atau sekitar 3.400 tahun lalu. Kekaisaran itu membentang dari wilayah yang sekarang Sudan Utara hingga ke wilayah Suriah.

Cucunya, Raja Tut, menarik perhatian dunia setelah pakar purbakala menemukan makamnya yang dipenuhi benda-benda menakjubkan tahun 1922. Raja Tut yang berusia remaja itu meninggal tahun 1324 Sebelum Masehi.

Bulan Februari lalu, pakar purbakala mengumumkan penemuan patung kepala granit berukuran besar yang menggambarkan Amenhotep III.

XS
SM
MD
LG