Tautan-tautan Akses

Relawan AS Dilaporkan Tewas dalam Perang di Suriah


Anggota pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di utara Raqqa, Suriah (foto: ilustrasi).

Anggota pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di utara Raqqa, Suriah (foto: ilustrasi).

Warga Amerika itu dilaporkan tewas di utara kota Raqqa, di mana pasukan yang didukung Amerika memerangi ISIS di Suriah utara.

Seorang sukarelawan Amerika yang berperang bersama milisi Kurdi tewas hari Senin (28/11) dalam pertempuran melawan pejuang ISIS di Suriah utara. Demikian dikatakan komandan-komandan Kurdi di Suriah.

Warga Amerika itu dilaporkan tewas di utara Raqqa, di mana pasukan yang didukung Amerika memerangi ISIS sebagai bagian dari serangan untuk membebaskan kota itu, yang merupakan ibukota de-facto ISIS.

Seorang komandan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), angkatan bersenjata utama Kurdi di Suriah, mengukuhkan kematian sukarelawan itu kepada VOA tetapi tidak memberi rincian lain. Ia mengatakan, YPG akan merilis pernyataan rinci hari Selasa. Ia berbicara tanpa mau disebut namanya.

YPG Kurdi adalah elemen kunci Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didukung Amerika dalam memerangi ISIS di Suriah utara. YPG mendapat bantuan dari sukarelawan luar negeri yang jumlahnya tidak diketahui dalam perangnya di Suriah.

Jasad warga Amerika itu akan dikirim ke kota Qamishli, lalu ke wilayah Kurdi di Irak sebelum dibawa ke Amerika, menurut Mahmoud Bali, reporter VOA di Suriah. Ia mengatakan, pejabat-pejabat Kurdi sudah menghubungi pejabat-pejabat di kedutaan Amerika di Baghdad untuk mengatur pemindahan jasad itu. [ka/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG