Tautan-tautan Akses

Rekomendasi PBB: Korea Utara Harus Diajukan ke Mahkamah Internasional


Michael Kirby, pemimpin komisi PBB untuk menyelidiki kejahatan terhadap kemanusiaan di Korea Utara (Foto: dok).

Michael Kirby, pemimpin komisi PBB untuk menyelidiki kejahatan terhadap kemanusiaan di Korea Utara (Foto: dok).

Penyelidikan PBB selama satu tahun menyimpulkan bahwa para pejabat Korea Utara telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan yang tidak ada taranya di dunia sekarang.

Pimpinan penyelidikan PBB mengenai pelanggaran hak azasi manusia di Korea Utara mendesak badan dunia itu agar mengajukan temuan resmi mengenai keadaan di negara komunis yang terisolasi itu ke Mahkamah Kejahatan Internasional untuk diadili.

Michael Kirby, yang memimpin komisi PBB yang menyelidiki Korea Utara atas kejahatan terhadap kemanusiaan, menyampaikan rekomendasi itu Kamis (17/4) dalam pertemuan informal Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara itu di New York.

Penyelidikan satu tahun yang dipimpin oleh Kirby menyimpulkan sebelumnya tahun ini bahwa para pejabat Korea Utara “pada tingkat paling tinggi” telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan yang tidak ada taranya di dunia sekarang. Kesimpulan itu selanjutnya mengatakan Korea Utara telah menyiksa dan memperbudak rakyatnya sementara secara sistematis membinasakan lawan-lawannya.

Namun, anggota Dewan Keamanan Cina dan Rusia yang mempunyai hak veto tidak menghadiri pertemuan itu dan para analis mengingatkan agar jangan berharap akan kemajuan yang cepat mengenai rekomendasi Kirby itu.
XS
SM
MD
LG