Tautan-tautan Akses

AS

Referendum Kolombia Tak Halangi Bantuan AS


Para pendukung persetujuan damai antara pemerintah dan kelompok pemberontak Kolombia di depan Istana Narino, Bogota (5/10). (Reuters/John Vizcaino)

Para pendukung persetujuan damai antara pemerintah dan kelompok pemberontak Kolombia di depan Istana Narino, Bogota (5/10). (Reuters/John Vizcaino)

Amerika telah mengeluarkan miliaran dolar untuk bantuan militer dalam rangka membantu pemerintah Kolombia memerangi FARC dan membawanya ke meja perundingan.

Rencana Amerika Serikat untuk memberi bantuan jutaan dolar kepada Kolombia tahun depan diduga tidak akan terpengaruh oleh kekalahan mencengangkan dari referendum atas persetujuan perdamaian Kolombia dan kelompok pemberontak FARC.

“Tidak ada pembahasan pada saat ini di kalangan pemerintah Amerika tentang bantuan Amerika untuk Kolombia," kata pejabat senior Amerika Rabu menanggapi pertanyaan dari VOA.

“Harapan kami, persetujuan perdamaian itu bisa dilaksanakan dengan dukungan nasional.”

Kongres diduga akan meloloskan bantuan pembangunan bernilai US$400 juta dan sekitar $50 juta untuk operasi melawan narkoba untuk tahun fiskal 2017. Pada tahun-tahun sebelumnya, Amerika telah mengeluarkan miliaran dolar untuk bantuan militer dalam rangka membantu pemerintah Kolombia memerangi FARC dan membawanya ke meja perundingan.

Pejabat Kolombia bertemu di Kuba dengan wakil-wakil dari FARC guna menyelamatkan perjanjian perdamaian itu, yang oleh pemilih ditolak dengan selisih kecil dalam referendum hari Minggu.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan, dia memperpanjang gencatan senjata dengan pembrontak sampai 31 Oktober, dan berharap perunding bisa mencari jalan untuk menyelamatkan persetujuan perdamaian itu, yang ditanda-tangani kedua belah fihak minggu lalu. [jm]

XS
SM
MD
LG