Tautan-tautan Akses

Razia Malam Hari Tewaskan 2 Warga Afghanistan


Pasukan NATO dan Afghanistan dituduh warga melakukan penggerebekan atas rumah-rumah warga sipil tak berdosa (foto: dok).

Pasukan NATO dan Afghanistan dituduh warga melakukan penggerebekan atas rumah-rumah warga sipil tak berdosa (foto: dok).

Operasi yang didukung NATO dan dipimpin pasukan Afghanistan di provinsi Laghman menarget seorang pemimpin Taliban yang mengkoordinasi pengeboman pinggir jalan.

NATO menyatakan seorang pemimpin Taliban dan seorang pemberontak lainnya tewas dalam razia malam hari di Afghanistan Timur. Klaim ini dibantah oleh warga setempat.

Koalisi menyatakan operasi yang didukung NATO dan dipimpin pihak Afghanistan hari Selasa di provinsi Laghman menarget seorang pemimpin Taliban yang mengkoordinasi pengeboman pinggir jalan terhadap pasukan keamanan di seantero provinsi itu.

Tetapi warga setempat menyatakan pasukan Afghanistan dan NATO menggerebek rumah-rumah warga sipil tak berdosa, membunuh dua lelaki, termasuk seorang anggota dewan distrik setempat.

Insiden ini terjadi hanya beberapa pekan setelah pemerintah Amerika dan Afghanistan menandatangani perjanjian yang menetapkan pihak Afghanistan bertanggungjawab atas operasi-operasi khusus, termasuk razia malam hari yang kontroversial terhadap rumah-rumah warga Afghanistan.

Hari Senin, para pejabat NATO dan Afghanistan mengatakan sedikitnya tiga anak-anak tewas dalam baku tembak antara pemberontak dan tentara Amerika di Provinsi Zabul, Afghanistan Selatan.

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan baku tembak dimulai sewaktu pemberontak menyerang pertemuan para pemimpin masyarakat setempat dan pasukan Amerika di Distrik Shajoe.
XS
SM
MD
LG