Tautan-tautan Akses

Rayakan Hari Kemerdekaan Kalangan Muda DKI Gelar Beragam Lomba

  • Budi Nahaba

Pameran foto Perjuangan Kemerdekaan RI di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta (Foto: VOA/Budi Nahaba)

Pameran foto Perjuangan Kemerdekaan RI di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta (Foto: VOA/Budi Nahaba)

Kalangan Muda DKI hari Senin (17/8) menggelar berbagai lomba dalam memperigati Hari Kemerdekaan HUT RI ke-70. Anak-anak dan remaja menjadi peserta lomba terbanyak, kegiatan digelar di ruas jalan perkampungan padat di ibu kota.

Puluhan anak dan remaja menjadi peserta aktif berbagai lomba ketangkasan yang digelar kalangan muda DKI dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI Senin (17/8), kegiatan lomba digelar di sebuah lapangan pinggiran jalur kereta api yang menghubungkan Jakarta-Bogor, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Koordinator lomba peringatan HUT RI ke-70, Atin Trimartini (37) mengatakan, perlombaan diperuntukan buat anak-anak dan remaja.

“Lomba makan krupuk, balap gundu (klereng), masukin paku dalam botol, lomba nangkap belut dan ikan. Tahun ini minus lomba panjat pinang. Hadiah bagi pemenang lomba baju, tas sekolah, kaos, buku dan pensil gambar,” kata Atin Trimartini.

Menurut Atin, minimnya lahan, berupa lapangan terbuka (ruang terbuka) membuat kegiatan lomba di kawasan perkotaan padat penduduk lebih terbatas.

Sementara warga Pancoran, Muhammad Irfan (27) memuji semakin meningkatnya kepedulian pihak swasta sebagai sponsor dalam menyediakan hadiah-hadiah bagi pemenang lomba tujuh belasan di wilayahnya. Selain anak-anak dan remaja, kalangan dewasa juga ikut serta dalam berbagai lomba ketangkasan dalam perayaan HUT RI.

Lomba makan krupuk anak anak kawasan Kalibata, Jakarta Selatan (Foto: VOA/Budi Nahaba)

Lomba makan krupuk anak anak kawasan Kalibata, Jakarta Selatan (Foto: VOA/Budi Nahaba)

"Tahun ini ada sponsor dari perusahaan (telekomunikasi ) yang menyediakan hadiah-hadiah bagi pemenang lomba, baik untuk anak maupun orang dewasa,” kata Muhammad Irfan.

Beberapa warga lainnya memiliki komentar beragam dalam memaknai kemerdekaan. Karyawan swasta di Jakarta, Ateng Sutarno (39) mengatakan, kesejahteraan bagi kalangan pekerja perlu mendapat perhatian.

“Kesejahteraan pekerja (buruh) perlu perhatian pemerintah. Upah naik namun selalu diikuti dengan harga kebutuhan pangan yang melambung tinggi,” kata Ateng Sutarno.

Tokoh pemuda peduli pendidikan dan teknologi Ulin Yusron mendesak pemerintah dan korporasi swasta memprioritaskan akses telekomunikasi adil, murah dan merata untuk rakyat dalam mengisi kemerdekaan.

“Kemerdekaan itu kalau rakyat Indonesia dapat mengakses internet secara murah. Dukung program revolusi mental, semua orang lebih tertib, mengantri , saling menghormati menghargai sesama dan bersedia memberikan kesempatan kepada yang lain tanpa takut kehilangan kesempatan,” kata Ulin Yusron.

Sementara, puncak peringatan HUT RI ke-70 digelar upacara pengibaran sang merah putih dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. Peringatan HUT RI dihadiri para veteran, tokoh masyarakat, pemuda dan pelajar teladan, pejabat pemerintahan dan para diplomat asing di Indonesia.

Sehari sebelumnya, skala nasional, peringatan HUT RI turut diisi berbagai aksi kolektif lintas komunitas dari Aceh hingga Papua, terutama aksi lingkungan dan konservasi ditandai penanaman satu juta terumbu karang, yang diluncurkan resmi oleh Presiden Jokowi. Sementara militer Indonesia menggelar pengibaran bendera merah putih di pegunungan es, kawasan pegunungan tertinggi Kartenz Puncak Jaya provinsi Papua.

Dalam pekan in pula, kawasan monumen nasional (Monas) Jakarta menjadi lokasi peryaaan HUT RI yang digelar oleh Forum Konsolidasi Peduli Disabilitas Global, berbagai kegiatan aksi digelar, pertunjukan seni budaya nusantara yangdiikuti komunitas difabel berbagai daerah di Indonesia. Sementara kalangan praktisi media menggelar pameran foto bertema “Perjuangan Kemerdekaan RI”, dipusatkan di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta.

Pemprov DKI selain menggelar upacara bendara, juga menggelar beragam kegiatan hiburan yang di pusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, di Jakarta Utara.

XS
SM
MD
LG