Tautan-tautan Akses

Raul Castro Resmi Jadi Ketua Partai Komunis Kuba


Presiden Kuba Raul Castro (kanan) bersama kakaknya, Fidel Castro dalam upacara penutupan Kongres Partai Komunis di Havana (19/4).

Presiden Kuba Raul Castro (kanan) bersama kakaknya, Fidel Castro dalam upacara penutupan Kongres Partai Komunis di Havana (19/4).

Kakaknya, Fidel Castro yang berusia 84 tahun, juga menghadiri acara itu, namun tampak sudah kesulitan untuk berdiri.

Presiden Kuba Raul Castro telah diangkat sebagai ketua Partai Komunis yang berkuasa di negara itu dan secara resmi menggantikan kakaknya, mantan Presiden Fidel Castro yang telah menjabat sejak partai itu berdiri lebih dari 40 tahun lalu.

Presiden Raul Castro hari Selasa diangkat menjadi Ketua I, sewaktu kongres Partai Komunis di Havana.

Fidel Castro juga menghadiri acara itu, mengenakan setelan berwarna biru dan tampak sulit berdiri.

Fidel Castro yang berusia 84 tahun menghadapi berbagai gangguan kesehatan dalam beberapa tahun ini.

Dalam artikel opini pada media pemerintah bulan lalu, Castro mengatakan ia mengundurkan diri lima tahun lalu dari semua jabatan resminya termasuk jabatan ketua Partai Komunis, ketika perdarahan usus hampir merenggut nyawanya tahun 2006.

Meskipun telah diketahui secara luas bahwa Fidel Castro tidak menjalankan tugas hariannya sebagai ketua partai itu dalam artikel opini tersebut ia pertama kali mengatakan pengunduran dirinya. Fidel Castro menyerahkan kekuasaan kepada Raul Castro tahun 2006 dan pada tahun 2008 Raul Castro secara resmi diangkat sebagai presiden.

Hari Senin, media pemerintah Kuba melaporkan Partai Komunis telah menyetujui reformasi ekonomi menyeluruh yang diajukan oleh Presiden Raul Castro.

Sekitar seribu delegasi bertemu dalam konvensi partai itu selama empat hari yang merupakan ke enam kalinya partai itu bersidang selama hampir 50 tahun sejarahnya. Pertemuan terakhir berlangsung tahun 1997.

XS
SM
MD
LG