Tautan-tautan Akses

Raul Castro Upayakan Reformasi Ekonomi Kuba di Usia 81


Presiden Kuba, Raul Castro, berulang tahun ke-81, Minggu 2 Juni 2012 (Foto: dok).

Presiden Kuba, Raul Castro, berulang tahun ke-81, Minggu 2 Juni 2012 (Foto: dok).

Presiden Kuba Raul Castro yang berulang tahun ke 81 hari Minggu (2/6), berpacu dengan waktu untuk mereformasi perekonomian negara itu.

Presiden Raul Castro berupaya memastikan Kuba yang komunis tetap bertahan meskipun ia dan pendahulunya yang sudah tua nantinya tidak ada lagi.

Saudara lelakinya Fidel Castro yang memimpin Kuba selama 49 tahun sebelum usia memaksanya mundur dari jabatan berusia 85 tahun dan masih berperan dibelakang layar.

Rata-rata harapan hidup laki-laki Kuba sekitar 76 tahun. Presiden Castro mengatakan kesehatannya baik dan ia merasa muda ditambah keluarganya mempunyai sejarah berumur panjang. Saudara perempuannya Angela meninggal bulan Februari lalu dalam usia 88 tahun dan kakak tertuanya Ramon berusia 87 tahun.

Raul Castro secara terbuka mengeluhkan tidak adanya pemimpin muda yang bisa dibina untuk menggantikan kelompoknya yang sekarang. Banyak orang berpendapat ia perlu bertindak cepat.

Sejak ia menggantikan Fidel Castro tahun 2008, Presiden Raul Castro telah melancarkan sejumlah reformasi yang mendukung inisiatif swasta dan mengurangi peran negara yang mengontrol 90 persen perekonomian.

Presiden Castro menyerahkan masalah pertanian lebih banyak lagi ke tangan swasta dan membuka pintu bagi usaha kecil dan mulai memberi perusahaan-perusahaan negara otonomi yang lebih besar.

Lebih lanjut, Presiden Castro juga memperbolehkan warga Kuba untuk membeli dan menjual rumah dan mobil, yang sebelumnya tidak diperbolehkan selama lima dekade.
XS
SM
MD
LG