Tautan-tautan Akses

Ratusan Wartawan Meksiko Protes Pembunuhan Wartawan Foto


Para wartawan dan aktivis membawa foto wartawan Ruben Espinosa yang tewas dibunuh dalam aksi unjuk rasa di Mexico City, Minggu (2/8).

Para wartawan dan aktivis membawa foto wartawan Ruben Espinosa yang tewas dibunuh dalam aksi unjuk rasa di Mexico City, Minggu (2/8).

Ratusan wartawan Meksiko melakukan unjuk rasa di Mexico City untuk memprotes pembunuhan seorang wartawan foto, hari Minggu (2/8).

Ratusan wartawan berpawai hari Minggu (2/8) di ibukota Meksiko untuk memprotes pembunuhan seorang wartawan foto yang ditemukan tewas karena luka tembak beserta empat perempuan.

Mereka membawa poster yang mengecam kekerasan terhadap wartawan, menyerukan keadilan dan diakhirinya impunitas, serta foto Ruben Espinosa, yang lari ke Mexico City beberapa pekan lalu setelah mengalami gangguan di luar rumahnya di Veracruz.

Jaksa Mexico City mengatakan kepada para wartawan hari Minggu bahwa “semua jalur penyelidikan terbuka” dalam kasus itu, dan bahwa Espinosa datang ke kota itu karena pekerjaannya.

Espinosa bekerja di majalah Proceso, dan mengatakan dia menghadapi gangguan ketika bekerja di Veracruz, termasuk oleh Gubernur Veracruz Javier Duarte.

Duarte mengeluarkan pernyataan yang menyesalkan kematian Espinosa dan keempat perempuan itu, serta menyatakan dukungannya bagi penyelidikan itu.

Dalam pernyataan Sabtu, Article 19 mengecam pembunuhan Espinosa, mengatakan itu “merupakan hal baru” dalam kekerasan terhadap pers di Meksiko dan bahwa impunitas justru semakin meningkat seiring bertambahnya kasus.

Komite Perlindungan Wartawan mengatakan 34 wartawan telah tewas di Meksiko sejak tahun 1992, menjadikannya sebagai negara ke-10 yang paling berbahaya bagi wartawan. (vm/ii)

XS
SM
MD
LG