Tautan-tautan Akses

Ratusan Siswa India Ketahuan Curang Dalam Ujian


Sejumlah warga memanjat dinding bangunan untuk membantu para siswa menempuh ujian di Hajipur, negara bagian Bihar, India, 18 Maret 2015 (AP Photo/Press Trust of India, File).

Sejumlah warga memanjat dinding bangunan untuk membantu para siswa menempuh ujian di Hajipur, negara bagian Bihar, India, 18 Maret 2015 (AP Photo/Press Trust of India, File).

Sejumlah orang tua mengungkapkan, para pelajar itu tidak siap untuk menempuh ujian karena sekolah-sekolah tidak memiliki guru-guru yang berkualitas.

Lebih dari 500 siswa di negara bagian miskin di India telah tertangkap berlaku curang dalam ujian akhir sekolah-sekolah negeri, dan dikeluarkan dari sekolah tersebut.

Foto-foto dan video orang memanjat tembok luar sebuah aula ujian di negara bagian Bihar untuk memberikan lembaran-lembaran jawaban kepada peserta ujian, telah muncul di berbagai media.

Kantor berita Reuters melaporkan sebagian lembaran itu dilipat dalam bentuk-bentuk pesawat terbang dan diluncurkan ke ruang-ruang ujian. Menteri pendidikan Bihar, Prashant Kumar Shahi, menyalahkan orang-orangtua siswa itu.

"Katakanlah, apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk menghentikan kecurangan ini, jika para orangtua dan sanak-keluarga tidak bersedia bekerjasama," ujar Shahi.

Lebih dari satu juta siswa menempuh ujian minggu ini. Sejumlah orang tua mengungkapkan, para pelajar itu tidak siap untuk menempuh ujian karena sekolah-sekolah tidak memiliki guru-guru yang berkualitas.

Para orang tua juga menyalahkan pemerintah karena gagal menyediakan fasilitas yang memadai untuk menempuh ujian tersebut. Ujian-ujian itu dipandang banyak kalangan sebagai peristiwa penting, yang mengubah kehidupan pelajar yang selama ini hidup dalam kemiskinan.

XS
SM
MD
LG