Tautan-tautan Akses

Ratusan Ribu Warga Suriah Berdemonstrasi, 13 Tewas


Ratusan ribu warga Suriah memadati pusat kota Hama, menuntut mundurnya Presiden Bashar al-Assad (8/7).

Ratusan ribu warga Suriah memadati pusat kota Hama, menuntut mundurnya Presiden Bashar al-Assad (8/7).

Setidaknya 6 orang tewas di Dumair, pinggiran Damaskus, di mana pasukan keamanan dilaporkan menembak ke arah demonstran.

Hampir setengah juta demonstran Suriah memadati jalan-jalan kota Hama sementara aktivis mengatakan setidaknya 13 orang tewas di seantero negara itu hari Jumat dalam protes yang berkelanjutan menentang Presiden Bashar al-Assad.

Setidaknya enam orang tewas di Dumair, pinggiran Damaskus, di mana aktivis mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah demonstran. Mereka mengatakan penembakan yang menelan korban juga terjadi di beberapa kota, termasuk Homs dan Maaret al-Numan.

Pemerintah Suriah menuding "gerombolan bersenjata" yang membunuh orang-orang itu. Kantor berita resmi, SANA juga mengatakan unjuk rasa pro-pemerintah terjadi di beberapa kota.

Aktivis mengatakan pasukan keamanan Suriah marah di Hama karena kehadiran dutabesar Amerika dan Perancis yang melakukan perjalanan ke sana untuk menyampaikan solidaritas kepada para demonstran.

Seorang aktivis kepada VOA mengatakan dutabesar Amerika untuk Suriah, Robert Ford, diberi video oleh penduduk yang menunjukkan dugaan pelanggaran HAM oleh pasukan Suriah.

Ford dan utusan Perancis Eric Chevallier bertemu penduduk Hama tapi pulang sebelum protes dimulai hari Jumat. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan kunjungan mereka tidak dikoordinasikan terlebih dahulu.

XS
SM
MD
LG