Tautan-tautan Akses

Ratusan Protes Rencana Dibukanya Jalur Pasokan NATO di Pakistan


Para demonstran di Islamabad menentang rencana Pakistan membuka kembali jalur pasokan bagi pasukan NATO di Afghanistan (20/2).

Para demonstran di Islamabad menentang rencana Pakistan membuka kembali jalur pasokan bagi pasukan NATO di Afghanistan (20/2).

Para demonstran di Islamabad menentang kemungkinan dibukanya kembali jalur pasokan bagi pasukan NATO di Afghanistan.

Ratusan orang Pakistan hari Senin berdemonstrasi di jalan-jalan Islamabad menentang kemungkinan dibukanya kembali jalur pasokan NATO bagi pasukan koalisi pimpinan Amerika yang bertempur melawan Taliban di Afghanistan.

Dalam demonstrasi, mereka meneriakkan bahwa sekutu Amerika adalah “pengkhianat”.

Demonstrasi hari Senin adalah bukti terbaru dukungan terhadap aliansi kelompok dan partai keagamaan Pakistan yang terbentuk setelah sebuah serangan udara NATO menewaskan 24 tentara Pakistan di perbatasan dengan Afghanistan akhir tahun lalu.

Sebagai balasan atas serangan udara itu, pemerintah Pakistan tidak mengijinkan konvoi NATO melewati wilayahnya menuju Afghanistan. Sejak saat itu, Pakistan mendapat tekanan dari Amerika untuk membuka kembali jalur-jalur pasokan itu.

Aliansi yang disebut “Pertahanan Pakistan” tersebut mencakup beberapa organisasi yang termasuk dalam daftar hitam teroris di dalam dan luar negeri. Munculnya aliansi ini memicu kecurigaan bahwa pihak keamanan Pakistan mungkin mendukung mereka untuk kepentingan politik dan merugikan pemerintahan sipil Pakistan yang lemah.

XS
SM
MD
LG