Tautan-tautan Akses

Militan Lancarkan Lebih Banyak Serangan di Yaman Selatan


Pasukan keamanan Yaman meningkatkan patroli di ibukota Sana'a (9/6). Serangan di Yaman selatan menimbulkan keprihatinan akan peningkatan kekerasan.

Pasukan keamanan Yaman meningkatkan patroli di ibukota Sana'a (9/6). Serangan di Yaman selatan menimbulkan keprihatinan akan peningkatan kekerasan.

Ratusan militan Yaman terkait al-Qaida menggrebek gedung-gedung pemerintah di kota Houta, Yaman selatan, Rabu dini hari.

Militan bersenjata kembali melancarkan serangan terhadap gedung-gedung pemerintah di dekat kota Houta, Yaman selatan, yang telah mereka serang pada hari Rabu.

Penduduk mengatakan penyerang hari Kamis itu mengambil alih sebentar markas besar keamanan dan kantor dewan di Masameer, dekat Houta, sebelum mundur.

Juga hari Kamis, Departemen Pertahanan Yaman mengatakan dua orang tewas setelah "teroris" menembakkan mortir di kota Zinjibar, yang sebagian besar penduduknya telah melarikan diri ke pelabuhan Aden. Militan merebut Zinjibar dan kota lain di Yaman selatan Mei lalu.

Sementara itu, pihak berwenang Yaman mengatakan mereka menangkap 10 tersangka al-Qaeda tersangka yang telah menyusup ke Aden dari provinsi Abyan. Abyan adalah kubu Al-Qaeda.

Hari Rabu, kelompok Islamis Ansar al-Syariah, atau pendukung Syariah, menyerang Houta sebelum fajar, merebut sebentar daerah-daerah penting ibukota provinsi itu dan bertempur dengan pasukan keamanan pemerintah.

Serangan-serangan itu telah menambah keprihatinan mengenai meningkatnya kekerasan oleh kelompok-kelompok Islamis di Yaman selatan yang bergolak di tengah protes nasional anti-pemerintah dan absennya Presiden Ali Abdullah Saleh yang diperangi.

Presiden Saleh sedang menjalani pengobatan di Arab Saudi untuk luka yang dideritanya dalam serangan bom di kompleks presiden awal bulan ini.

Media pemerintah Yaman mengutip hari Kamis mengutip Presiden Saleh yang memberitahu raja Bahrain melalui telepon bahwa kesehatannya membaik dan menyatakan keyakinan bahwa Yaman mampu mengatasi krisis yang dihadapi sekarang.

XS
SM
MD
LG