Tautan-tautan Akses

Ratusan Militan di Nigeria dan Kamerun Menyerah


Pasukan Nigeria meraih kemenangan dalam bentrokan dengan militan baru-baru ini (foto: dok).

Pasukan Nigeria meraih kemenangan dalam bentrokan dengan militan baru-baru ini (foto: dok).

Para militan menyerah setelah pasukan pemerintah meraih kemenangan besar-besaran dalam serangan udara dan darat baru-baru ini.

Ratusan militan telah menyerahkan diri di Nigeria dan negara tetangganya, Kamerun, setelah kemenangan militer pemerintah baru-baru ini lewat serangan udara dan darat, kata pihak berwenang hari Rabu.

Kementerian pertahanan Nigeria mengatakan telah menewaskan ratusan pemberontak di kawasan timur laut negara itu.

Beberapa komandan militan termasuk dalam korban tewas, diantaranya Mohammed Bashir yang dikatakan pura-pura berlaku sebagai Abubakar Shekau, pemimpin kelompok Boko Haram, dalam sejumlah video mereka. Militer Nigeria mengklaim Shekau telah tewas dalam pertempuran tahun lalu.

Militer Nigeria juga mengatakan meraih kemenangan di sekitar kota Konduga, 35 kilometer dari Maiduguri yang merupakan daerah asal Boko Haram dan pusat ofensif militer dalam upaya mengenyahkan pemberontakan Islamis itu. Mereka mengatakan 135 militan menyerahkan diri Selasa malam.

Kementerian pertahanan Kamerun mengatakan lebih dari 300 pejuang Boko Haram juga telah menyerahkan diri dalam tiga minggu ini. Jurubicara kementerian Letkol Didier Badjeck mengatakan kepada kantor berita AP para militan itu meletakkan senjata dan meminta suaka di Kamerun. Nasib mereka belum ditentukan.

Militan dari Kamerun, Niger dan Chad dikatakan ikut bergabung dengan Boko Haram di Nigeria. Kelompok militan itu sempat menguasai sejumlah kota dan menyatakan berdirinya negara Islam di kawasan Nigeria timur laut sebelum mengalami kekalahan di Konduga tersebut.

XS
SM
MD
LG