Tautan-tautan Akses

Ratusan Koin Ditemukan dalam Penyu di Thailand


Layar menunjukkan para dokter hewan Thailand sedang mengoperasi Omsin, penyu hijau betina berusia 25 tahun, untuk mengambil koin-koin dari perutnya, dalam konferensi pers di Chulalongkorn University di Bangkok, Thailand (6/3). (Reuters/Athit Perawongmetha)

Para dokter hewan Thailand hari Senin (6/3) mengambil 915 koin dari seekor penyu berusia 25 tahun, yang telah menelan benda-benda yang dilemparkan ke kolamnya sebagai permohonan keberuntungan, sampai menghalangi kemampuannya berenang.

Koin-koin dan benda lain yang diambil dari penyu bernama Omsin, berarti celengan babi dalam Bahasa Thai, mencapai berat 5 kilogram. Omsen sendiri berbobot 59 kilogram.

Penyu hijau betina itu, yang tinggal di sebuah pusat konservasi di Sriracha, Chonburi, sebelah timur ibukota Bangkok, telah kesulitan berenang secara normal karena beratnya.

Para dokter hewan mengatakan mereka yakin operasi selama tujuh jam itu merupakan yang pertama di dunia.

"Kami rasa akan perlu sekitar sebulan untuk memastikan ia benar-benar pulih," ujar Nantarika Chansue dari fakultas kedokteran hewan di Chulalongkorn University. Ia menambahkan penyu itu perlu enam bulan lagi untuk terapi fisik.

Tidak ada perkiraan berapa nilai koin tersebut, yang beberapa di antaranya merupakan mata uang asing dan banyak yang sudah berkarat.‚Äč [hd]

XS
SM
MD
LG