Tautan-tautan Akses

Ratusan Pendaki Dievakuasi Akibat Letusan Gunung Barujari


Abu vulkanik akibat letusan dari dalam kawah Gunung Rinjani di Lombok, Oktober 2015.

Abu vulkanik akibat letusan dari dalam kawah Gunung Rinjani di Lombok, Oktober 2015.

Beberapa turis yang berharap dapat mendokumentasikan letusan itu telah menolak pergi dan bersembunyi dari para petugas penyelamat.

Ratusan pendaki telah dibawa turun dengan selamat dari lereng Gunung Barujari di Nusa Tenggara Barat yang meletus minggu ini, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari Kamis (29/9).

Namun nasib beberapa turis yang nekad dan menolak meninggalkan gunung itu masih belum jelas.

Lebih dari 1.000 turis termasuk 639 warga negara asing sedang berada di Taman Nasional Gunung Rinjani ketika Barujari, gunung berapi lebih kecil di dalam Gunung Rinjani, mulai meletus Selasa, meniupkan abu ke langit dan kemudian jatuh menyelimuti tumbuh-tumbuhan.

"Mereka semua telah turun sekarang. Kaldera Rinjani sekarang kosong," ujar juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Reuters lewat SMS.

Kawah tersebut terletak sekitar 8-10 jam berjalan kaki dari pintu masuk taman.

Badan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Rabu, beberapa turis yang berharap dapat mendokumentasikan letusan itu telah menolak pergi dan bersembunyi dari para petugas penyelamat.

"Mereka tahu bahayanya," ujar BNPB.

Sutopo tidak dapat dihubungi untuk ditanyai mengenai nasib mereka hari Kamis.

Gunung Rinjani merupakan salah satu dari gunung berapi aktif yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Pihak berwenang telah menutup pintu-pintu gerbang tamn dan memberitahu pengunjung menjaga jarak sekitar 3 kilometer. [hd]

XS
SM
MD
LG