Tautan-tautan Akses

Anggota Parlemen Iran Minta Tokoh Oposisi Dieksekusi


Demonstran Iran anti-pemerintah melakukan aksi pembakaran di kota Teheran, Iran (2/14)

Demonstran Iran anti-pemerintah melakukan aksi pembakaran di kota Teheran, Iran (2/14)

Para anggota parlemen Iran menuntut agar tokoh-tokoh oposisi diadili atas tuduhan menghasut, yang ancamannya adalah hukuman mati.

Para legislator Iran menuntut agar para tokoh oposisi diancam hukuman mati karena mengorganisasi demo anti-pemerintah di beberapa kota Iran pada hari Senin.

Para legislator konservatif mengatakan, Selasa, tokoh oposisi Mir Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi seharusnya diadili karena menghasut, pelanggaran yang diancam hukuman mati. Kedua tokoh reformis menyerukan demo di Teheran dan kota-kota lain, Senin, untuk menunjukkan solidaritas dengan pergolakan rakyat di beberapa negara Arab yang menentang pemerintah otokrasi.

Situs internet tokoh oposisi Mir Hossein Mousavi, Kaleme, mengatakan ada laporan yang belum dikukuhkan bahwa pasukan keamanan menahan ratusan orang dalam demonstrasi pada hari Senin yang diikuti ribuan orang, meskipun dilarang pemerintah.

Deputi Kepala Polisi Iran Ahmad Reza Radan mengatakan pihak berwajib menahan para demonstran tetapi tidak dijelaskan berapa orang. Ia menambahkan bahwa sebuah kelompok oposisi terlarang ikut berdemo dan melepaskan tembakan ke arah polisi, menewaskan satu orang dan melukai sembilan aparat keamanan. Tidak ada konfirmasi resmi mengenai insiden ini.

XS
SM
MD
LG