Tautan-tautan Akses

AS

Ratusan Demonstran Ditangkap di Depan Gedung Kongres AS


Para demonstran di di depan gedung Kongres di Washington, DC (11/4). (AP/J. Scott Applewhite)

Para demonstran di di depan gedung Kongres di Washington, DC (11/4). (AP/J. Scott Applewhite)

Demonstrasi diadakan untuk “menuntut Kongres melakukan tindakan secepatnya untuk mengakhiri korupsi besar-besaran dalam politik Amerika dan memastikan pemilu yang bebas dan adil."

Polisi telah menangkap lebih dari 400 orang yang berdemonstrasi di depan Gedung Kongres Amerika di Washington yang menentang peran uang dalam politik dan mengatakan para pemrotes itu terlibat “kegiatan demonstrasi yang melanggar undang-undang".

Video demonstrasi hari Senin (11/4) menunjukkan bahwa polisi mengatakan “kalau tidak mau ditangkap, mundur ke jalan 1st street."

Polisi gedung Kongres mengatakan para demonstran diproses dengan menggunakan prosedur penangkapan massal. Sebagian demonstran digiring dari bagian timur depan Gedung Kongres dengan borgol plastik.

Demonstrasi itu diselenggarakan oleh koalisi kelompok yang menyebut diri “Pergolakan Demokrasi.” Dalam situsnya, kelompok itu mengatakan demonstrasi diadakan untuk “menuntut Kongres melakukan tindakan secepatnya untuk mengakhiri korupsi besar-besaran dalam politik Amerika dan memastikan pemilu yang bebas dan adil dimana setiap warga Amerika punya suara yang setara."

Para demonstran meneriakkan ucapan-ucapan seperti “singkirkan uang dari politik”. Sebagian dari mereka berjalan dari Philadelphia ke Washington mulai minggu lalu. [my/al]

XS
SM
MD
LG