Tautan-tautan Akses

Ratusan Aktivis Islamis Pakistan Akhiri Demonstrasi di Islamabad


Ratusan aktivis Islamis melakukan protes dengan menduduki persimpangan yang ramai di Islamabad, Pakistan (29/3).

Ratusan aktivis Islamis melakukan protes dengan menduduki persimpangan yang ramai di Islamabad, Pakistan (29/3).

Kelompok Islamis Pakistan memprotes eksekusi bulan lalu terhadap seorang pria yang membunuh seorang gubernur provinsi yang mendukung reformasi atas UU penghujatan agama.

Ratusan aktivis Islamis yang telah menduduki persimpangan yang ramai selama empat hari berturut-turut di pusat ibukota Pakistan bubar secara damai pada hari Rabu (30/3), setelah wakil pemerintah membujuk mereka untuk mengakhiri demonstrasi mereka.

Kelompok ini memprotes eksekusi bulan lalu terhadap seorang pria yang membunuh seorang gubernur provinsi yang mendukung reformasi dalam undang-undang penghujatan negara itu.

Pendukung Mumtaz Qadri, yang membunuh Salman Taseer pada tahun 2011 ketika ia memimpin provinsi Punjab, menolak meninggalkan Islamabad sampai tuntutan mereka dipenuhi, termasuk jaminan pemerintah bahwa tidak akan ada amandemen terhadap undang-undang penghujatan.

Pemimpin-pemimpin reli ini mengatakan kepada wartawan bahwa mereka mengakhiri protes setelah menerima jaminan tidak akan ada perubahan dalam undang-undang penghujatan dan ratusan pengunjuk rasa yang ditahan akan segera dibebaskan.

Tetapi Menteri Dalam Negeri Nisar Ali Khan membantah laporan mengenai tercapainya kesepakatan dengan demonstran dan mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah tidak meluluskan tuntutan apapun . Dia selanjutnya menegaskan bahwa mereka yang terlibat dalam serangan yang disertai kekerasan di wilayah pemerintah dan dan terhadap polisi selama reli akan dituntut. [sp]

XS
SM
MD
LG