Tautan-tautan Akses

Ratu Inggris Melawat ke Irlandia Utara


Ratu Elizabeth II (tengah) bersama Pangeran Philip disambut meriah oleh warga di kota Ennniskillen, Irlandia Utara (26/6).

Ratu Elizabeth II (tengah) bersama Pangeran Philip disambut meriah oleh warga di kota Ennniskillen, Irlandia Utara (26/6).

Ratu Elizabeth bertemu dengan keluarga para korban yang tewas dalam serangan bom Laskar Rakyat Irlandia (IRA) 25 tahun lalu di kota Enniskillen, Irlandia Utara

Ratu Inggris Elizabeth II yang berusia 86 tahun itu bersama suaminya Pangeran Philip disambut di kota pantai Enniskillen, Irlandia Utara, oleh sejumlah warga desa yang melambai-lambaikan bendera Inggris.

Enniskillen adalah tempat serangan paling berdarah selama perjuangan IRA yang disertai kekerasan menentang kekuasaan Inggris selama beberapa dekade . Lima orang tewas karena bom IRA tahun 1987 dalam upacara peringatan untuk orang Inggris yang tewas akibat perang, insiden yang mengejutkan dunia dan menghasilkan perundingan damai.

Setelah pertemuan itu, ratu dan suaminya mengunjungi gereja Katolik di kota itu untuk pertama kalinya setelah 20 kali berkunjung ke Irlandia Utara.

Hari Rabu, Ratu Elizabeth akan melakukan kunjungan ke Belfast untuk bertemu dengan McGuinness bekas pemimpin IRA yang kemudian menjadi perdana menteri pertama Irlandia Utara. Sinn Fein, sayap politik IRA terus menentang kekuasaan Inggris di Irlandia Utara.

Kunjungan selama dua hari itu adalah bagian dari peringatan 60 tahun Ratu Elizabeth berkuasa dan sebagai peringatan bahwa perdamaian telah tercapai disana sejak perjanjian Jumat Agung tahun 1998.
XS
SM
MD
LG