Tautan-tautan Akses

Ratko Mladic akan Kembali ke Pengadilan Hari Jumat


Ratko Mladić, dituduh bertanggung jawab atas pembantaian 8.000 warga Muslim Bosnia di dekat Srebrenica.

Ratko Mladić, dituduh bertanggung jawab atas pembantaian 8.000 warga Muslim Bosnia di dekat Srebrenica.

Bekas komandan militer Serbia Bosnia tersangka penjahat perang itu ditangkap di Serbia utara setelah bersembunyi selama 16 tahun.

Tersangka penjahat perang Serbia Ratko Mladic akan kembali ke pengadilan di Beograd hari Jumat untuk dengar keterangan mengenai ekstradisinya ke mahkamah kejahatan perang PBB atas kekejaman yang dilakukan dalam perang Bosnia.

Bekas komandan militer Serbia Bosnia itu berada di pengadilan hari Kamis setelah penangkapannya di Serbia utara setelah bersembunyi selama 16 tahun.

Kehadirannya di pengadilan itu dipersingkat disebabkan apa yang disebut pengacaranya kesehatan Mladic yang buruk. Beberapa dokter sedang menentukan apakah kondisinya layak untuk terus hadir di pengadilan.

Mahkamah PBB mengenai kejahatan perang yang dilakukan di bekas Yugoslavia itu menuntut Mladic tahun 1995 atas tuduhan kekejaman yang diduga dilakukannya atau diperintahkannya dalam 3 tahun pengepungan kota Sarajevo, Bosnia, dan atas pembunuhan 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia dekat kota Srebrenica.

Pengadilan Serbia akan menetapkan apakah semua persyaratan bagi pengekstradisian Mladic ke Den Haag dipenuhi. Pejabat-pejabat Serbia mengatakan proses tersebut akan makan waktu kira-kira seminggu.


XS
SM
MD
LG