Tautan-tautan Akses

AS

Randy Jackson Tinggalkan American Idol


Randy Jackson (paling kanan) bersama pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah) dan sesama juri, dari kiri ke kanan, Mariah Carey, Keith Urban dan Nicki Minaj. (AP/Fox, Michael Becker)

Randy Jackson (paling kanan) bersama pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah) dan sesama juri, dari kiri ke kanan, Mariah Carey, Keith Urban dan Nicki Minaj. (AP/Fox, Michael Becker)

Randy Jackson, satu-satunya anggota juri asli “American Idol,” tidak akan kembali pada kompetisi bakat itu musim berikutnya.

Pembawa acara “American Idol” Ryan Seacrest mengindikasikan kepergian salah satu juri Randy Jackson pada awal episode eliminasi Kamis (9/5). Ternyata Seacrest, yang telah berada dalam acara itu selama Jackson, mengetahui bersamaan dengan semua orang ketika produser dan pemain bass berusia 56 tahun itu mengumumkan kepergiannya.

Jackson mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa ia meninggalkan “Idol” untuk fokus pada label rekamannya dan kesempatan-kesempatan bisnis lainnya.

“Untuk menghapus semua spekulasi, setelah menjadi juri ‘American Idol’ selama 12 tahun, saya memutuskan untuk keluar setelah musim ini,” ujarnya. “Saya sangat bangga dengan bagaimana kita telah mengubah televisi dan industri musik selamanya.”

Jackson pertama kali muncul sebagai juri bersama produser Simon Cowell dan penyanyi Paula Abdul ketika kompetisi tersebut ditayangkan pertama kali pada 2002, dan menjadi terkenal dengan ucapannya yang khas “yo, dawg.”

Saat ini Jackson menjadi juri bersama bintant pop Mariah Carey, rapper Nicki Minaj dan penyanyi country Keith Urban. Ia keluar di tengah laporan bahwa seluruh panel juri akan diganti musim berikut. Pihak penyelenggara Idol sendiri menolak berkomentar.

Peringkat untuk “Idol,” yang suatu kali merupakan acara yang sangat populer, merosot tahun ini. Acara tersebut merupakan program hiburan paling terkenal pada waktu utama selama sembilan tahun, namun sepertinya “Idol” kehilangan ciri khasnya musim ini. Sekarang ini secara rutin ia ketinggalan di belakang kompetisi lainnya yaitu “The Voice” dalam hal peringkat mingguan.

Musim ke-12 tahun ini akan berakhir minggu depan dengan bertarungnya vokalis R&B berusia 23 tahun Candice Glover dari St. Helena Island, South Carolina, dan penyanyi country Kree Harrison berusia 22 tahun dari Woodville, Texas. (AP/Derrik J. Lang)
XS
SM
MD
LG