Tautan-tautan Akses

Rancangan 'Prinsip-Prinsip Sunnylands' termasuk Isu Laut China Selatan


Presiden AS Barack Obama memberikan pidato pembukaan pada KTT AS-ASEAN di Sunnylands, California, Senin (15/2).

Presiden AS Barack Obama memberikan pidato pembukaan pada KTT AS-ASEAN di Sunnylands, California, Senin (15/2).

Sebuah persetujuan tentang kontak Amerika dan Asia termasuk acuan kontroversial terkait navigasi kelautan dan militerisasi.

Menurut rancangan dini dari dokumen yang diperoleh VOA Khmer, pemimpin-pemimpin ASEAN dan Presiden Obama membahas seperangkat butir yang dikenal sebagai “prinsip-prinsip Sunnylands” selama KTT di Sunnylands estate di Rancho Mirage, California.

Keterlibatan yang belum pernah berlangsung dengan ke 10 anggota ASEAN itu dinilai merupakan bagian dari upaya pemerintahan Obama untuk melawan pengaruh China yang meningkat.

Rancangan itu tampaknya merupakan pendahuluan (prekursor) dari sebuah pernyataan bersama yang kemungkinan akan dirilis pada akhir dari pertemuan dua hari pada Selasa besok (16/2).

Ketika ditanya tentang pernyataan bersama yang memuat acuan ke Laut China Selatan, Penasihat Keamanan Nasional Susan Rice mengatakan, Amerika akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra ASEAN sehubungan isu-isu potensial yang dibahas bersama.

“Pernyataan ini tidak difokuskan hanya pada Laut China Selatan, dan kami secara konsisten menggarisbawahi tekad bersama dan perlunya mengatasi isu-isu lewat cara damai dan legal,” katanya. [jm]

XS
SM
MD
LG