Tautan-tautan Akses

Ramos Horta Setuju Timor Leste Jadi Pusat Suaka


Presiden Timor Leste Ramos Horta

Presiden Timor Leste Ramos Horta

Presiden Timor Leste ini mendukung rencana Perdana Menteri Australia Julia Gillard untuk mendirikan sebuah pusat regional pemrosesan suaka.

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mendukung rencana mendirikan pusat pemrosesan di negaranya bagi warga yang mencari suaka, terutama dari Australia.

Menurut rencana yang diumumkan Selasa oleh Perdana Menteri Australia Julia Gillard, PBB akan mengawasi pusat pemrosesan tersebut. Menurut Gillard, pusat suaka tersebut akan menurunkan jumlah pendatang dari seluruh Asia yang tiba dalam perahu-perahu yang bocor.

Walaupun mendukung pendirian pusat suaka, Ramos Horta mengatakan ia tidak ingin Timor Leste menjadi “sebuah pulau penjara” bagi mereka yang terlantar dan melarikan diri dari kekerasan.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian ini mengatakan para pengungsi sebaiknya ditempatkan di tempat sementara di pusat suaka yang diusulkan tersebut, sampai mereka mendapat tempat tinggal baru di negara ketiga. Dukungan bagi pendirian pusat suaka tersebut juga mendapat dukungan dari Selandia Baru.

XS
SM
MD
LG