Tautan-tautan Akses

Rama Tampubolon, Movie Blogger Indonesia di California


Rama Tampubolon dan Iko Uwais

Rama Tampubolon dan Iko Uwais

Sejak kecil, Rama memang sudah gemar menonton film, walaupun ia sebelumnya tidak pernah terpikir menjadi blogger, apalagi menjadi blogger di Hollywood.

Rama Tampubolon adalah seorang movie blogger dari Riverside, California. Blog miliknya, ramascreen.com berisi tentang berita seputar film, wawancara, ulasan trailer film terbaru dan hal-hal lain terkait film.

Rama membuat Ramascreen.com tahun 2007 ketika ia mendapat tugas membuat proposal bisnis di bangku kuliah.

"Dulu saya pikir-pikir, bisnis apa yang bisa saya lakukan ya? Teman saya ada yang buka bisnis salon, bisnis bengkel, dan saya gak ada ide. Jadi saya ke teman saya, dan dia bilang, ‘kamu kan penggemar film, buka aja blog,’ walaupun saat itu saya gak tahu apa-apa computer atau blog," ungkap Rama.

Sejak kecil, Rama memang sudah gemar menonton film, walaupun ia sebelumnya tidak pernah terpikir menjadi blogger, apalagi menjadi blogger di Hollywood.

Tak mudah bagi Rama untuk dapat menembus kalangan perfilman di Hollywood. Ia baru mendapatkan undangan acara pemutaran perdana film "The Tron Legacy" untuk kalangan mdia pada tahun 2010 dari Disney Film. Ia kemudian mulai berusaha membangun network sejak saat itu.

Bagi Rama networking adalah kunci mendapatkan akses ke acara-acara film. Sejak ia semakin sering menghadiri berbagai festival atau comic con, namanya mulai tercatat di daftar pers yang kemudian didistribusikan ke berbagai publicist (humas) termasuk ke humas studio.

Setelah berhasil membangun network, Rama menyadari masih ada tantangan yang harus dihadapinya agar blognya tetap bertahan dan dibaca orang. Apalagi menurut Rama ada banyak blog film dan media lainnya yang menawarkan jasa serupa.

Namun Rama optimis selalu ada target audience atau pembaca blognya. "Saya demografiknya biasanya di Riverside, di Inland Empire area. It’s kind of small but there is always people there, pengemar film yang mau melihat apa yang Rama Screen bisa offer," kata Rama.

"Content is very important," tambahnya. "Saya selalu berusaha menampilkan content yang menarik, dan memastikan setiap hari selalu ada update di blog saya. I make sure readers are engaged, interested.”

Saat ini, blog Rama yang ditulisnya bersama blogger lain dibaca oleh 2.500 pengunjung setiap harinya.

Ketika ditanya kiat suksesnya hingga blognya dibaca ribuan orang, Rama mengatakan, "Know your reader." Sebagai blogger ia mencoba menempatkan diri sebagai pembaca, mereka-reka apa yang ingin mereka baca di blognya, walaupun ia mengakui pertanyaan yang sifatnya memasuki ranah pribadi sering kali tidak boleh diajukan.

Bagi Rama yang menggemari film thriller ini, target selanjutnya yang ingin ia raih adalah masuk ke dalam jaringan media Warner Studio dan Sony Pictures serta kesempatan mewawancara idolanya, Steven Spielberg.

"He’s the best, he’s a great film maker and he knows how to tell stories. Kita semua, we grew up watching his movies, we grew up with him, it’s just amazing," kata Rama menutup wawancara dengan VOA.

XS
SM
MD
LG