Tautan-tautan Akses

Rakyat Republik Ceko Pilih Parlemen Baru


Ibukota Republik Ceko, Praha. Pemerintah Republik Ceko menghadapi krisis utang yang mencapai 35 persen dari PDB.

Ibukota Republik Ceko, Praha. Pemerintah Republik Ceko menghadapi krisis utang yang mencapai 35 persen dari PDB.

Partai Demokrat Sosial pimpinan mantan PM Jiri Paroubel diperkirakan unggul atas saingan utama, Partai Demokrasi Rakyat.

Para pemilih di Republik Ceko pergi ke tempat-tempat pemungutan suara hari Jumat dan Sabtu untuk memilih parlemen baru.

Para analis menempatkan Partai Demokrat Sosial pimpinan mantan PM Jiri Paroubel jauh di depan saingan utama mereka, Partai Demokrasi Rakyat. Namun, jika Partai Demokrat Sosial menang, mereka akan membutuhkan mitra koalisi di parlemen untuk memajukan agenda kesejahteraan sosial mereka.

Permasalahan defisit anggaran telah mendominasi kampanye pemilihan. Ekonomi Ceko menurun lebih empat persen tahun lalu. Jumlah utang pemerintah Ceko mencapai 35 persen dari Produk Domestik Bruto, jumlah yang masih tergolong masuk akal dibandingkan dengan besarnya utang negara-negara Uni Eropa lainnya. Namun, para analis memperingatkan jumlah utang tersebut dapat membesar dengan cepat bila tidak dilakukan reformasi perekonomian.

Sejumlah skandal politik telah melanda kedua partai besar yang bersaing. Maraknya skandal ini membuka peluang kepada partai-partai politik baru untuk meraih dukungan massa, termasuk partai konservatif TOP 09 dan partai berhaluan tengah, Urusan Masyarakat Umum.

Hasil sementara pemilihan anggota parlemen ini diperkirakan akan diumumkan Sabtu malam.

XS
SM
MD
LG