Tautan-tautan Akses

Rakyat Mesir Turun ke Jalan, Morsi Ditahan atas Tuduhan Konspirasi


Para pengecam mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi dalam sebuah protes di Istana Kepresidenan di Kairo, Mesir (26/7).

Para pengecam mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi dalam sebuah protes di Istana Kepresidenan di Kairo, Mesir (26/7).

Rakyat Mesir membanjiri jalan-jalan Cairo untuk berunjukrasa dalam kubu-kubu yang saling bertentangan, sementara militer dan Ikhwanul Muslimin berupaya menunjukkan dukungan rakyat dan kekuatan mereka.

Para pendukung mantan presiden Mohamed Morsi hari Jumat berkumpul di luar Masjid Rabia el-Adawiya di Kota Nasr, Cairo, yang merupakan kubu pertahanan Ikhwanul. Sementara itu Ikhwanul melalui Twitter memasang foto unjuk rasa pro-Morsi lainnya di seantero Mesir.

Muncul pula laporan mengenai bentrokan dengan beberapa orang dari ribuan demonstran anti-Morsi yang berkumpul di Lapangan Tahrir Cairo.

Panglima militer Abdel Fattah el-Sissi menyerukan semua warga Mesir yang terhormat agar turun ke jalan-jalan guna memberinya mandat untuk menghadapi apa yang ia sebut kekerasan dan terorisme.

Demonstrasi terus berlangsung sementara seorang hakim Mesir memerintahkan dilanjutkannya penahanan mantan presiden Mohamed Morsi atas tuduhan konspirasi.

Kantor berita resmi MENA menyebutkan Morsi ditahan selama 15 hari sementara para pejabat menyelidiki tuduhan-tuduhan bahwa ia bersekongkol dengan kelompok militan Palestina Hamas.

Pemimpin Islamis itu telah ditahan tanpa dikenai tuduhan di tempat penahanan rahasia militer sejak 3 Juli, ketika ia disingkirkan oleh militer Mesir.
XS
SM
MD
LG