Tautan-tautan Akses

Rakyat Kuba Mulai Masa Berkabung Nasional


Bendera Kuba dikibarkan setengah tiang di Lapangan Revolusi di Havana hari Minggu (27/11).

Bendera Kuba dikibarkan setengah tiang di Lapangan Revolusi di Havana hari Minggu (27/11).

Rakyat Kuba sedang berkabung setelah wafatnya Fidel Castro, pemimpin revolusi negara itu yang kematiannya diumumkan Sabtu (26/11).

Orang-orang Kuba hari Senin (28/11) antri untuk memberi penghormatan kepada Fidel Castro di Alun-Alun Revolusi di Havana, sementara negara itu mulai menyampaikan selamat tinggal selama seminggu kepada pemimpin revolusi negara pulau itu, orang yang banyak dicintai dan banyak dibenci.

Upacara peringatan dimulai Senin pagi setelah 21 tembakan kehormatan terdengar bersamaan di ibukota dan di Santiago, kota di Kuba timur, tempat Castro memulai revolusi Kuba tahun 1953.

Bendera-bendera dikibarkan setengah tiang di seluruh negara itu, sementara Kuba memasuki pekan yang penuh dengan upacara peringatan untuk mengenang Fidel Castro.

Pemimpin revolusi sosialis itu, yang sudah lama sakit-sakitan, meninggal dunia Jumat (25/11) malam pada usia 90 tahun. Penyebab kematiannya belum diumumkan.

Serangkaian upacara akan dimulai hari Senin (28/11), ketika warga Kuba berkumpul di Lapangan Revolusi di Havana, di mana Castro sering berpidato di hadapan massa pendukungnya.

Hari Rabu, abu kremasi Castro akan dibawa keliling Kuba, dalam prosesi selama tiga hari menyusuri dari belakang rute yang dilalui tokoh revolusioner itu sewaktu muda dengan para pejuang pemberontak ketika mereka bergerak maju ke Havana dari pegunungan Sierra Maestra sebelum akhirnya berkuasa pada bulan Januari 1959.

Castro akan dimakamkan hari Minggu, 4 Desember di taman makam Santa Ifigenia, di kota Santiago de Cuba, kota di Kuba tenggara. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG